Sabtu, 03 Maret 2018

Cara PDKT Lewat WA (WhatsApp) Yang Ampuh Baperin Cewek Gebetanmu

PeDeKaTe alias PDKT adalah sebuah akronim dari Pendekatan yang merujuk pada kegiatan atau perilaku para muda-mudi dalam mendekati gebetan atau orang yang disukainya. Bila jaman dulu, generasi sebelum kita melancarkan cara-cara PeDeKaTe mereka melalui rayuan yang tertuang dalam puisi, tulisan atau sekedar surat ungkapan cinta (seperti di kisah Dilan dan Milea), kalau di jaman sekarang, generasi milenial menggunakan fasilitas teknologi dan media sosial untuk terhubung dengan relasinya. Dari berbagai pilihan media sosial, WhatsApp atau WA adalah salah satu media chatting yang paling banyak penggunanya. Jadi, kali ini kita akan membahas cara PDKT lewat WA yang ampuh untuk baperin cewek gebetanmu!


Cara PDKT Lewat WA


Sebelum kita masuk ke langkah-langkah panduan cara PDKTan lewat WA, terlebih dulu JurnalCowok mengingatkan kalian bahwa informasi yang akan kalian terima di bawah ini didasari oleh pengalaman nyata dan dituangkan dalam bentuk tulisan dengan tujuan edukatif.

Jangan menyalahgunakan pengetahuan ini untuk hal-hal yang merugikan siapapun. PeDeKaTe atau pendekatan merupakan sebuah seni/keterampilan yang membutuhkan waktu untuk dipelajari, jangan tergesa-gesa.

Berikut adalah panduan cara PDKT lewat chat WA yang dijamin ampuh baperin cewek gebetanmu:

1. Dapatkan nomor ponsel/WA gebetanmu

Sebelum jauh-jauh panjang kali lebar ngebahas cara PDKT lewat WA, kamu udah punya nomor kontaknya calon gebetanmu itu, belum?

Nah, loh! Gimana mau PDKT lewat WA kalau nomor kontaknya saja belum punya? Jadi, langkah pertama adalah mendapatkan nomor WA gebetanmu!

Bagaimana cara yang efektif (baca: smooth) untuk dapetin nomor kontak si dia?

a. Pada saat kamu sedang bertemu langsung dengan do'i, (misalnya kamu dikenalkan oleh temanmu atau nggak sengaja kenalan karena situasi tertentu).

  • Cara pertama, sebelum berpisah kamu bisa memberanikan dirimu dan bersikap kasual untuk meminta nomor kontaknya dengan gesture yang bersahabat. Cara ini membutuhkan rasa PD yang besar, (dan face factor, tentunya :D)
  • Cara kedua, saat kalian baru berkenalan dan dia sedang curi-curi pandang melihat ponselnya (jaman sekarang semua orang melakukan hal ini, entah karena benar-benar sibuk atau sekedar untuk menghilangkan rasa awkward), saat itu terjadi, kamu bisa segera ambil ponselmu dan ajukan pertanyaan 'innocent' seperti: "Eh, kamu pakai WA juga ya?" Cara manapun yang kamu pakai, saat bertemu langsung umumnya lebih mudah mendapatkan nomor kontak dari gebetanmu langsung; tentunya dengan cara dan momen yang tepat.
b. Sapa do'i terlebih dulu lewat media sosial lain, follow gebetanmu di Instagram atau Twitternya, atau Facebook (masih ada loh yang eksis di sini :D). Jangan buru-buru DM (direct message) untuk minta kontak WA-nya. Ikuti saja dulu timeline do'i, berikan perhatian dengan like dan comment yang bermutu. Saat dia mulai 'notice' dan like balik atau balas comment-mu, langsung tembak DM-nya. Kamu bisa cek tips di artikel ini untuk kata-kata PDKT yang ampuh memulai chat di DM si do'i, jangan berlama-lama bertegur sapa di DM-nya, langsung minta nomor kontaknya dengan alasan supaya lebih mudah chat dengan do'i.

Baca juga > Kata-kata PDKT Lewat Facebook Untuk Memulai Chatting

c. Minta nomor kontak do'i dari temannya, cara yang satu ini mungkin tidak direkomendasikan dan sebaiknya tidak kamu gunakan kalau masih terbuka kemungkinan untuk cara yang lain. Karena, saat kamu mendapatkan nomor WA-nya, dan langsung chat di WA, kamu akan terasa seperti pengganggu (spam) dan ujung-ujungnya akan sulit bagimu untuk menjelaskan dari mana kamu dapat kontaknya, kamu akan terlihat kurang jantan karena memakai jalan pintas untuk mengenal si dia.




2. Rencanakan arah pembicaraanmu sebelum PDKT lewat WA

Banyak cowok jaman now terlalu tergesa-gesa setelah mendapatkan nomor WA cewek gebetannya dan langsung melancarkan chat-chat yang ujung-ujungnya akan membosankan bagi gebetannya. Semua itu karena mereka tidak memiliki arah dan tujuan pembicaraan yang terencana dengan matang. Bila kamu ingin melakukan PDKT lewat WA yang berhasil, belajarlah untuk merencanakan topik pembicaraanmu sebelum kamu chat dia lewat WA.

Baca jugaGimana sih, cara chat supaya gebetan nggak bosan?

Contoh perencanaan topik pembicaraan untuk chat PDKT lewat WA:

  • Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang do'i seperti latar belakang keluarga, tinggal di mana, sekolah/kuliah/kerja di mana, lingkungan pergaulannya dan ketertarikannya pada apa? Ini era informasi dan teknologi, semua itu hanya butuh 10-15 menit riset melalui media sosial facebook, twitter, instagram. Tujuannya agar kamu punya gambaran karakter kepribadian do'i dan ketertarikannya pada topik apa saja.
  • Tetapkan target PDKT mu, apakah kamu menargetkan untuk bisa mengajak dia jalan weekend ini? Apakah kamu punya waktu, apakah kira-kira dia bisa? Kalau kira-kira tidak bisa, apa rencana cadanganmu?
  • Siapkan stok memes, jokes atau video lucu yang menurut kamu cocok untuknya.
  • Update informasimu tentang hal-hal yang diikutinya, sehingga pembicaraan kalian nantinya bisa lebih nyambung. (Misal: do'i suka klub Barcelona, kamu bisa cek jadwal pertandingan untuk ajak dia nonton bareng, meskipun kamu aslinya Madridista :P)
  • Yang tak kalah penting, siapkan waktumu. Jangan chat do'i sambil main game! Jangan, percayalah, itu berat! Biar aku saja :P



3. Jangan ngotot saat PDKT lewat Chat

Kamu perlu mengerti, setiap orang memiliki kesibukannya masing-masing. Meski si dia menunjukkan respon yang baik terhadap usaha PeDeKaTe dari kamu, akan tiba saat di mana gebetanmu punya hal-hal penting lain untuk dipikirkan.

Kamu bisa melihat tanda-tanda ini saat dia mulai 'agak lama' membalas chat-mu atau balasannya mulai singkat-singkat seperti sekedar "Ok", "Iya", "Benar juga ya," dan sebagainya. Please, don't be a jerk, jangan tanya dia: "kamu lagi sibuk ya? kok balesnya kayak nggak niat gitu?". Jangan!

Permisikan saja dirimu dengan elegan, "Eh, sorry nih... Barusan dapat kabar dari kerjaan, ada yang penting harus aku urus dulu, nanti aku kabari yah, chat you later..." #LaluLanjutMOBA smooth as fuck!

Cewek akan merasa kalau kamu itu orang yang serius, bertanggungjawab dan bisa diandalkan, karena meski kamu lagi PDKT, kamu tetap sigap dengan pekerjaanmu. Tunggu saja 12-24 jam kemudian, dia akan kecarian kamu! Baperin af!

4. Mau dibawa kemana PDKT lewat WA ini?

Pada dasarnya, PDKT lewat chat WA itu bukan untuk berlama-lama bales-balesan jokes receh atau bahas broadcast Hoax dari grup WA keluarga masing-masing. Tujuan PDKTan itu untuk memastikan apakah kalian saling cocok dan mau melanjutkan ke jenjang hubungan yang lebih serius atau tidak?

Prinsip dasarnya, satu minggu pertama sejak kamu mulai chat PDKT ke dia lewat japri (dalam hal ini, lewat WA), seharusnya kamu sudah bisa memberanikan diri untuk mengajak do'i ketemuan dan jalan bareng. Entah untuk makan atau nonton bareng atau bobok lucu, yang penting ketemuan secara nyata supaya kalian bisa benar-benar merasakan apakah kalian merasa 'klik' untuk lanjut atau cukup sampai di sini.

Jangan takut untuk untuk 'menembak', karena kalaupun--seburuk-buruknya--dia menolakmu, lebih baik kamu mengetahuinya lebih cepat dan segera move on, dari pada kamu berlarut-larut mengejar si dia karena terus digantung dengan ketidakpastian. Baca juga: 8 Cara Untuk Lebih Cepat Move On

Sekali lagi, PDKT adalah sebuah seni. Membutuhkan usaha dan waktu untuk bisa menguasainya dengan baik. Untuk mereka yang ingin cara instan mungkin berusaha dengan mempelajari teknik SSI (sepik-sepik iblis), tapi sebaiknya PDKTan yang baik mengindahkan proses yang matang.

Jadi itulah panduan cara PDKT lewat WA dari JurnalCowok yang bisa langsung kamu praktikkan ke gebetanmu. Selamat mencoba dan semoga beruntung!


EmoticonEmoticon