Rabu, 27 Desember 2017

Cara Memakai Dasi Yang Unik Dan Keren

Setelah sebelumnya kita membahas cara memakai dasi yang mudah dan gampang untuk dipelajari, mungkin kamu mulai tertarik untuk mencoba teknik atau gaya yang berbeda untuk memakai dasi. Karena, kalau kamu bisa tampil beda, tentu kamu akan merasa lebih percaya diri dan bergairah untuk beraktivitas. Kali ini Jurnal Cowok akan membahas tentang cara memakai dasi yang unik dan beda banget!


Cara Memakai Dasi Yang Unik dan Keren


Dasi adalah salah satu elemen utama dalam kode etik berpakaian untuk pria sejati. Mulai dari tuntutan untuk tampil full-dressed di acara-acara formal seperti pesta, gala atau exhibition hingga kegiatan sehari-hari di tempat kerja. Selain dasi standar, kamu juga tentunya sudah tahu tentang dasi kupu-kupu yang belakangan ini kembali hit, silahkan mampir di sini untuk cara memakai dasi kupu-kupu.

Untuk kamu yang masih baru mulai menjalani keseharian berpakaian formal dengan dasi, mungkin bisa mengikuti tips cara memakai dasi yang mudah dan rapi ini terlebih dulu. Langkah-langkah memakai dasi di tips itu tingkat kesulitannya basic hingga intermediate, sementara untuk tips kali ini akan sedikit lebih sulit namun hasil akhirnya tentu lebih unik dan tampil beda.

Berikut adalah empat cara mengikat dasi yang unik dan berbeda dari gaya memakai dasi pada umumnya:

1. Cara Memakai Dasi Unik ala Eldredge Knot.

Teknik mengikat dasi unik yang dikenal dengan simpul Eldredge ini adalah salah satu cara mengikat dasi yang paling melawan arus, rumit namun sangat menarik perhatian. Eldredge Knot terdiri dari 15 langkah terpisah yang harus dilakukan dengan seksama.

cara memakai dasi unik eldredge


Cara memasang dasi yang unik ini dikembangkan oleh Jeffrey Eldredge pada tahun 2007 dan menjadi terkenal di internet sejak saat itu. Perbedaan paling mencolok dari simpul Eldredge adalah langkah-langkah mengikat dasi yang digunakannya kebalikan dari mayoritas cara memakai dasi lainnya. Saat mengikat dasi dengan simpul Eldredge, bagian lidah dasi yang bergerak bukanlah yang besar, namun yang kecil, dan diakhir dari langkah-langkahnya ujung lidah dasi yang kecil diselipkan di balik kerah baju.

Hasil akhir simpul dasi Eldredge sangat memuaskan, volume simpul tebal (lebih tebal dari Windsor) dan bentuk simpul seperti lipatan-lipatan sisik ekor ikan yang memukau. Hanya saja, Eldredge benar-benar membutuhkan pemakai yang sabar dan telaten, tidak cocok untuk orang yang terburu-buru.

cara memakai dasi unik eldredge

  1. Mulai dengan ujung dasi yang besar di sebelah kiri, dan yang kecil di kanan. Ujung dari lidah dasi yang besar maksimal sejajar posisi ikat pinggang. Langkah selanjutnya hanya menggerakkan ujung dasi yang kecil (ujung dasi yang besar jadi poros saja).
  2. Angkat ujung dasi yang kecil menyilang melangkahi ujung dasi yang lebar ke arah kiri.
  3. Masukkan ke belakang lidah dasi yang lebar ke arah kanan.
  4. Angkat ke arah tengah.
  5. Masukkan ke lingkar simpul, tarik ke arah kiri bawah.
  6. Silangkan ke arah kanan lalu masukkan ke balik lingkar simpul, tarik ke atas.
  7. Tarik ke arah kiri bawah, lalu silangkan di belakang lidah dasi yang lebar, ke arah kanan. Biarkan simpul ini membentuk loop (jangan diketatkan).
  8. Tarik ujung dasi menyilang ke atas, masuk ke dalam loop tadi.
  9. Tarik ke arah atas dan ketatkan, perhatikan agar bentuk simpul tetap terjaga.
  10. Masukkan ke lingkar leher dari arah atas dan tarik ke bawah.
  11. Masukkan ke lingkar leher (menyilang ke kanan), tarik ke bawah, biarkan jadi loop.
  12. Tarik menyilang masuk ke dalam loop tadi.
  13. Tarik dan kencangkan, pastikan bentuk simpul sudah seperti gambar.
  14. Selipkan sisa ujung dasi ke dalam kerah baju (di belakang dasi)
  15. Selesai.

2. Cara Memakai Dasi Unik ala Van Wijk

Teknik mengikat dasi ala Van Wijk ini dikenal sebagai simpul dasi yang menghasilkan efek 'jangkung' yang khas. Cara memakai dasi yang unik ini diperkenalkan oleh desainer Lisa van Wijk dengan memodifikasi simpul Prince Albert.

cara mengikat dasi unik van wijk


Kesan yang diinginkan dari simpul Van Wijk ini adalah memberikan ilusi penampilan yang 'jangkung' dan kurus untuk penggunanya dengan efek yang panjang dan tidak gemuk seperti cara mengikat dasi yang umum digunakan orang banyak.

Berikut langkah-langkah mengikat dasi dengan simpul Van Wijk:

cara memakai dasi unik van wijk

  1. Mulai dengan ujung lidah dasi yang lebar di sebelah kanan dan ujung yang kecil di sebelah kiri. Ujung lidah dasi yang pendek seharusnya ada di sekitar pusar (bisa bervariasi tergantung panjang dan ketebalan dasi yang digunakan). Langkah selanjutnya hanya menggerakkan ujung lidah dasi yang lebar (ujung yang kecil sebagai poros).
  2. Angkat ujung lidah dasi yang besar menyilang melangkahi bilah dasi yang kecil.
  3. Masukkan ke arah dalam (di balik) lidah dasi yang kecil (poros)
  4. Silangkan melangkahi simpul ke arah kiri.
  5. Masukkan ke arah dalam menyilang ke kanan.
  6. Silangkan lagi ke arah kiri.
  7. Sekali lagi masukkan ke arah dalam menyilang ke kanan
  8. Silangkan lagi ke arah kiri
  9. Masukkan dari bawah simpul leher, tarik ke arah atas.
  10. Masukkan ke dalam tiga lapis loop yang sejak tadi dibuat.
  11. Ketatkan simpul secara hati-hati dengan menarik perlahan lidah dasi yang lebar. Geser posisi simpul yang berlapis-lapis sehingga lapisan pertama dan kedua terlihat berjejer di bawah lapisan ketiga.



3. Cara Memakai Dasi Unik ala Trinity Knot

Trinity knot tidak berbeda jauh dengan Eldredge knot, keduanya adalah cara memakai dasi yang masih baru-baru ini ditemukan. Gaya mengikat dasi ala Trinity ini sekilas mirip dengan segitiga Celtic yang ikonik.

cara mengikat dasi unik dan keren trinity


Cara mengikat simpul dasi Trinity juga menggunakan teknik yang mirip dengan Eldredge, di mana lidah dasi yang aktif adalah lidah dasi yang kecil, sementara lidah dasi yang lebar menjadi porosnya. Hasil akhir Trinity Knot akan membentuk simpul yang sedikit membulat dan sedikit lebih tebal dari Windsor. Penampilannya yang eksentrik akan membuat siapapun yang memandangnya terkagum-kagum.

Berikut langkah-langkah mengikat dasi dengan simpul Trinity:

cara memakai dasi unik dan keren trinity

  1. Mulai dengan bagian ujung dasi yang lebar di sebelah kiri dan ujung dasi yang kecil di sebelah kanan. Ujung dari lidah dasi yang besar maksimal sejajar posisi ikat pinggang. Langkah selanjutnya hanya menggerakkan ujung dasi yang kecil (ujung dasi yang besar jadi poros saja).
  2. Silangkan lidah dasi yang kecil ke kiri (posisi di atas, melangkahi lidah dasi yang lebar)
  3. Masukkan ke lingkar leher dan tarik ke atas.
  4. Tarik ke arah bawah kiri.
  5. Silangkan di belakang lidah dasi yang lebar ke arah kanan.
  6. Tarik ke tengah atas, ke arah lingkar leher.
  7. Masukkan ke dalam lingkar leher, tarik ke arah kiri bawah.
  8. Silangkan melangkahi lidah dasi yang besar ke arah kanan, lalu masuk ke lingkar leher dari bawah simpul (jangan diketatkan, biarkan membentuk loop).
  9. Masukkan ke dalam loop yang tadi, JANGAN langsung diketatkan, tetap biarkan longgar.
  10. Tarik ujung lidah dasi yang kecil tadi ke arah bawah kemudian silangkan di belakang lidah dasi yang lebar ke arah kanan,
  11. Tarik menyilang ke arah atas, masukkan ke dalam loop yang satu lagi (lihat gambar)
  12. Tarik dan ketatkan simpul lalu selipkan sisa ujung lidah dasi yang kecil ke dalam kerah baju.
  13. Selamat, sekarang kamu bisa menjadi pusat perhatian!

4. Cara Memakai Dasi Unik ala Murrell

Teknik mengikat dasi unik yang satu ini dipopulerkan oleh Brent Murrell di tahun 1995, penemuan Murrell ini sebenarnya merupakan pembalikan dari cara mengikat dasi klasik ala Windsor.

cara mengikat dasi unik dan keren murrell


Gaya mengikat dasi ala Murrell ini menghasilkan bentuk akhir yang unik, di mana lidah dasi yang kecil berada di depan lidah dasi yang besar, sehingga menimbulkan kesan simetris yang berlapis. Hasil simpulnya berbentuk segitiga yang simetris dan cukup lebar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengikat dasi ala Murrell:

cara memakai dasi unik dan keren murrell

  1. Mulai dengan bagian ujung dasi yang lebar di sebelah kiri dan ujung dasi yang kecil di sebelah kanan. Ujung dari lidah dasi yang besar maksimal sejajar posisi ikat pinggang. Langkah selanjutnya hanya menggerakkan ujung dasi yang kecil (ujung dasi yang besar jadi poros saja).
  2. Angkat ujung yang kecil melangkahi ujung yang besar ke arah kiri.
  3. Masukkan ke lingkar leher dari bawah dan tarik ke atas.
  4. Tarik ke arah kiri bawah.
  5. Putar dari belakang lidah dasi yang besar ke arah kanan.
  6. Tarik ke atas, ke arah lingkar leher.
  7. Masukkan ke lingkar leher, tarik ke arah kanan bawah.
  8. Silangkan ke kiri.
  9. Tarik ke atas, masukkan ke lingkar leher dari arah bawah, jangan diketatkan biarkan jadi loop.
  10. Masukkan ke loop yang tadi.
  11. Ketatkan simpulnya dengan menarik lidah dasi yang kecil ke bawah, sesuaikan posisi simpul.
Baca juga > Menjadi Sosok Pria Idaman Wanita Itu Tidak Sulit

Bagaimana? Mungkin setelah mencoba beberapa cara memakai dasi di atas kamu akan merasa kesulitan dan repot, tapi seperti yang dari awal kita bahas, ini adalah beberapa gaya mengikat dasi yang unik dan tidak umum yang bisa membuatmu tampil berbeda dan menarik. Untuk hasil yang tidak biasa, tentu saja diperlukan usaha yang lebih dari biasanya. Selamat mencoba.

Pictures credits: Ties.com


EmoticonEmoticon