Minggu, 17 Desember 2017

Cara Memakai Dasi Yang Mudah dan Rapi

Dasi adalah salah satu bagian penting dari etika berpakaian formal untuk kaum pria (gentlemen). Bukan hanya berfungsi sebagai aksen, dasi juga merupakan elemen yang mencerminkan karakteristik atau kepribadian pemakainya. Karena itulah kita perlu memperhatikan cara memakai dasi yang sesuai dengan kebutuhan, situasi dan karakteristik dess code dari acara yang hendak kita ikuti. Berikut adalah cara memakai dasi yang mudah untuk langsung kamu coba.

Cara Memakai Dasi Yang Mudah Dan Rapi


Memakai dasi merupakan sebuah keharusan saat kamu menghadiri acara yang menggunakan dress code formal seperti gala dinner, exhibition, awards night, pernikahan, atau saat candle light dinner nan romantis dengan si dia. Baca juga: Cara Membuat Wanita Penasaran Dalam Waktu Singkat

Ada banyak ragam teknik dan cara memakai dasi di dunia ini loh! Cara-cara memakai dasi ini sangat beragam bukan karena ada beberapa yang bagus dan yang lainnya kurang bagus, tapi lebih karena jenis kebutuhan dan karakteristik yang diinginkan dari penampilan yang dihasilkan oleh dasi itu sendiri. Bahkan selain dasi standar, ada juga dasi kupu-kupu.

Baca juga > Cara Memakai Dasi Kupu-kupu

Untuk kamu yang sudah biasa mengikat dasi dengan cara yang umum, kamu bisa mencoba tips cara memakai dasi yang unik dan tampil beda ini. Teknik mengikat dasi di sana lebih ekstrim dan menjanjikan hasil yang lebih memukau. Untuk kamu yang masih pemula silahkan pelajari beberapa teknik dasar di bawah ini.

Berikut ini ada empat cara memakai dasi yang mudah dan rapi yang bisa kamu coba pakai dan sesuaikan menurut kebutuhan dan karakteristik penampilan yang kamu inginkan:

1. Cara Memakai Dasi dengan simpul Windsor

Teknik memakai dasi dengan simpul Windsor adalah teknik yang sangat populer di kalangan pengguna dasi, khususnya di Eropa dan Amerika. Nama Windsor sendiri berasal dari Duke of Windsor (kakak dari King George VI). Para bangsawan saat itu sangat mengagumi gaya simpul dasi beliau yang tebal dan terlihat sangat berwibawa.

Terlepas dari kontroversi kehidupannya, Duke of Windsor juga mengagetkan para pengikut fashionnya dengan menyatakan bahwa selama ini sebenarnya dia mengikat dasinya dengan simpul Four-In-Hand namun menggunakan dasi yang dijahit khusus agar lebih tebal pada posisi simpulnya.

Meski demikian, cara memakai dasi dengan simpul Windsor tetap populer dan menjadi idola hingga hari ini. Berikut cara mengikat dasi dengan gaya Windsor:
cara memakai dasi simpul windsor

2. Cara Memakai Dasi dengan simpul Half Windsor

Setelah teknik Windsor populer, tak lama kemudian muncul teknik alternatif-nya yang memiliki karakteristik sedikit lebih ringan dari pada Windsor, sehingga dinamai Half Windsor. Cara mengikat dasi dengan simpul Half Windsor ini muncul karena beberapa orang kesulitan saat mengikat dasi yang berbahan tebal dan kaku dengan simpul Windsor, di mana simpul Windsor yang memiliki banyak lika-liku itu membuat hasil akhir jadi terlalu pendek.

Teknik Half-Windsor sering digunakan oleh anak-anak Millennials yang lebih memilih untuk membeli dasi yang minimalis dan tidak mencolok seperti generasi yang lebih tua. Meski teknik Half Windsor ini rentan membuat penampilan dasi menjadi kurang simetris, namun bila diikat dengan teliti, hasilnya tentu lebih baik. Berikut panduan memakai dasi dengan simpul Half Windsor:

cara memakai dasi yang mudah dengan simpul half windsor



3. Cara Memakai Dasi dengan simpul Four-In-Hand

Ini adalah salah satu teknik memakai dasi yang paling mudah dan sederhana namun tetap diterima sebagai simpul dasi yang rapi. Four-In-Hand sesuai dengan namanya, merupakan cara mengikat dasi dalam empat langkah saja. Karena kemudahannya, seringkali Four-In-Hand menjadi cara memakai dasi yang umum dipelajari saat pertama kali seseorang belajar memakai dasi. Berikut cara mengikat dasi menurut simpul Four-In-Hand:

cara memakai dasi dengan teknik mengikat dasi four in hand


4. Cara Memakai Dasi dengan simpul Simple Knot

Oke, yang terakhir adalah simple knot. Dari namanya sudah tergambar bahwa cara mengikat dasi yang satu ini tidak begitu formal dan cenderung dianggap kurang rapi. Cara mengikat dasi seperti ini paling sering digunakan untuk siswa SMP-SMA karena bahan dasi yang mereka pakai tergolong pendek.

Namun untuk kalian yang juga ingin tampil santai atau kasual dan tidak ingin terlihat terlalu serius, Simple Knot patut dicoba. Berikut cara memakai dasi dengan simpul simple knot:
cara memakai dasi yang mudah dan cepat


Windsor, Half Windsor, Four-In-Hand dan Simple Knot adalah empat cara memakai dasi yang mudah dan rapi yang paling sering digunakan orang-orang. Selain teknik-teknik di atas, masih banyak teknik-teknik lain yang lebih rumit dan menarik. Silahkan cek tips cara memakai dasi yang unik dan keren berikut ini untuk kalian yang ingin hasil yang lebih menakjubkan, selamat belajar memakai dasi!


EmoticonEmoticon