Rabu, 11 Oktober 2017

Kids Jaman Now adalah suksesor generasi Millennials?

Kids Jaman Now adalah sebuah istilah yang belakangan ini ramai dipakai di dunia maya. Kalimat ini merupakan sebuah istilah dengan makna yang luas dan bisa berbeda makna pada variasi dan tujuan penggunaannya. Jejaring sosial twitter dan facebook adalah medium utama penyebaran istilah ini. Tapi apakah arti Kids Jaman Now ini sebenarnya?



Arti Kids Jaman Now

kids jaman now adalah


Kids Jaman Now merupakan sebuah istilah informal yang tersusun dari dua bahasa berbeda, yaitu bahasa Inggris dan Melayu (Indonesia).

Arti dari Kids Jaman Now adalah 'anak jaman sekarang' atau 'anak-anak jaman sekarang' (plural), jadi hanya dipelesetkan pada kata pertama dan kata terakhirnya.

Ungkapan Anak Jaman Now ini sendiri ramai dipergunakan oleh netizen (warganet) dari Indonesia dan Malaysia di twitter dan facebook.

Penggunaan istilah Kids Zaman Now

Pada praktiknya, istilah ini digunakan untuk mengomentari atau lebih tepatnya mencibir (nyinyirin) perilaku anak jaman sekarang (plural: anak-anak jaman sekarang) yang dianggap aneh, nyeleneh, kurang pantas ataupun absurd.

Jika ditelusuri dari subjek pengguna istilah dan objek istilah ini, kita bisa simpulkan bahwa objek istilah ini adalah generasi Z, atau generasi sesudah Millennials, artinya anak-anak muda yang lahir setelah tahun 2000.

Millennials menganggap Kids Jaman Now sebagai generasi norak

Dari kecenderungan komentar netizen menggunakana istilah ini, terdapat subliminal message yang menunjukkan ketidaksukaan Millennials pada generasi suksesornya. Meski begitu, perilaku anak jaman sekarang, yang menjadi objek nyinyiran tersebut memang cenderung kelewatan dan norak. Anak-anak jaman sekarang digambarkan sebagai generasi yang terlalu cepat dewasa, terlalu cepat berdandan, terlalu cepat bergaul dan pacaran. Padahal kakak-kakaknya yang dari generasi Millennials belum tentu punya pacar dan mungkin masih kesulitan untuk bisa PDKT lewat chat atau sekedar menarik perhatian wanita. #ehm #curhat

Baca juga > Chaos, Lagu Baru Rich Chigga Tentang Sex

Meme Kids Jaman Now

Tidak mengherankan bila fenomena ini memicu lahirnya berbagai meme yang menyindir kelakuaan-kelakuan absurd kids jaman now ini!




meme kids jaman now

meme kids jaman now



meme kids jaman now

meme kids jaman now


Kids jaman now menyerang balik!

Anak-anak ini juga melek internet dan mereka sadar telah menjadi bahan nyinyiran. Generasi muda ini justru menaggapi nyinyiran ini dengan menyerang balik generasi Millennials yang mengejek mereka.

Istilah-istilah tandingan pun muncul seperti: Ahjussi jaman jigeum dan Nongkrong jaman old.




Ahjussi Jaman Jigeum

Istilah ahjussi jaman jigeum ini merupakan penggabungan dari bahasa Korea dan Indonesia. Ahjussi artinya paman atau o'om (panggilan untuk orang yang tuanya setara orangtua kita, sedangkan jigeum artinya sekarang (sama dengan now). Jadi ahjussi jaman jigeum artinya adalah om-om jaman sekarang.

Sementara Nongkrong Jaman Old adalah sebuah sindiran balik untuk generasi Millenials yang hobby nongkrong di coffee shop atau cafe-cafe untuk bergaul dan membangun relasi. Bagi anak-anak jaman sekarang atau kids jaman now, mereka lebih suka nongkrong lewat group chat atau game.

Bukan hal baru apabila dua generasi berbeda mengalami perbenturan, sama halnya dengan generasi Millennials yang dulu clash dengan gen-X dan baby boomer.

Jadi, itulah sedikit banyak pemahaman mengenai Kids Jaman Now dan efek-efek yang berkaitan dengannya. Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan klik tombol share di bawah ini dan bagikan dengan teman-temanmu!


EmoticonEmoticon