Selasa, 24 Oktober 2017

Cara Download Foto & Video di Facebook

Foto-foto dan video adalah salah satu alasan utama kebanyakan orang menggunakan Facebook. Seiring dengan banyaknya kenangan yang kita lalui sepanjang hidup, kita mengabadikannya dalam bentuk foto dan video lalu membagikannya di Facebook. Nah, bagaimana bila suatu saat kita memerlukannya dan tidak memiliki cadangannya selain di Facebook? Kita bisa mendapatkannya kembali, berikut adalah beberapa cara download foto dan video di Facebook.


Mendownload Foto dan Video di Facebook


Jangan khawatir kehilangan kenangan-kenanganmu di Facebook, karena Facebook menyimpan semua foto-foto dan video yang pernah kamu upload sejak pertama kali hingga hari ini. Kamu hanya perlu melihatnya di kumpulan album profilmu dan menentukan yang mana yang hendak kamu download. Berbeda dengan cara mendownload video YouTube, mendownload foto dan video Facebook menggunakan cara yang berbeda tergantung seberapa banyak yang perlu kamu download.

Mendownload satu foto atau video dari Facebook tidaklah sulit, yang sering merepotkan adalah saat kamu ingin mendownload banyak foto atau satu album foto sekaligus. Tapi jangan khawatir, di sini kita akan bahas cara-cara mendownload video di Facebook dengan mudah.

Baca juga > Akhirnya, Google Resmi Menyediakan Cara Download Video dari YouTube!

Mendownload satu foto di Facebook

Bila kamu hanya perlu mendownload satu-dua foto saja dari Facebook, kamu tidak perlu repot-repot mencari aplikasi tambahan untuk ini. Cukup dilakukan langsung dari halaman Facebook-mu.

cara download video di facebook


Caranya: Buka foto yang ingin kamu download dari Facebook (klik thumbnail-nya agar muncul di pop-up), lalu pilih menu Option (Opsi) lalu pilih Download (Unduh). Selesai.

Bila menggunakan smartphone atau versi aplikasi mobile juga tidak berbeda. Buka dan tampilkan foto yang ingin di-download, tap menu Option lalu pilih Save Photo.

Mendownload album foto di Facebook (yang kamu upload sendiri)

Dulu, sebelum Facebook menanamkan fitur download album, banyak pengguna yang kerepotan saat ingin mendownload seluruh foto-fotonya dalam sebuah album sekaligus. Sekarang Facebook telah memberikan cara yang mudah untuk mendownload seluruh album sekaligus melalui opsi download langsung dari Facebook

cara download video di facebook


Caranya:

  1. Buka profil Facebook yang ingin didownload albumnya (login pengguna langsung)
  2. Buka Photo > Albums
  3. Pilih Album yang hendak di download
  4. Di pojok kanan atas, klik Options (berbentuk roda gerigi), lalu pilih Download
  5. Sebuah pop up akan muncul di pojok kiri menunjukkan bila album siap di download.
  6. Setelah proses download selesai, ekstrak file .zip ke folder yang kamu inginkan.
Bila menggunakan smartphone, kamu memerlukan aplikasi tambahan untuk mendownload satu album sekaligus:

Cara Download Album Foto Facebook dengan Album Downloader for Facebook

Tidak seperti saat menggunakan browser, aplikasi resmi Facebook untuk smartphone tidak memungkinkan untuk mendownload satu album sekaligus, untuk itu kita memerlukan aplikasi ini.

Download aplikasi ini dari Play Store, login dan berikan akses ke akun Facebook-mu, lalu kamu akan melihat album-album-mu untuk kamu pilih mana yang ingin kamu download. Kamu juga bisa memilih untuk mendownload foto-foto yang di-tag (ditandai) ke kamu. Setiap album memiliki foto cover yang sama dengan di Facebook sehingga kamu mudah mengenal setiap album, tombol downloadnya juga cukup jelas. Aplikasi ini akan mendownload foto-foto dari albummu ke penyimpanan smartphone-mu, jadi pastikan kamu memiliki cukup ruang untuk itu.

Download aplikasi Album Downloader for Facebook.


Cara Download Foto Facebook milikmu maupun ORANG LAIN

Semua cara download foto Facebook di atas ditujukan untuk pengguna langsung, kamu tidak bisa mendownload foto pengguna lain dengan cara itu. Nah, berikut ini adalah cara mendownload foto dan album bahkan seluruh fotomu maupun milik orang lain dengan menggunakan extension dari Chrome.

Dari seluruh browser, Google Chrome memili ekstensi paling powerfull untuk mendownload seluruh foto-foto di Facebook, baik itu milikmu atau milik orang lain.

cara download video di facebook


Ensky's Album Downloader adalah ekstensi yang memudahkanmu untuk membuat backup dari seluruh fotomu atau pengguna lain dengan mudah dan tanpa harus login terlebih dahulu. Ensky membantumu untuk mendownload semua foto Facebook yang pernah kamu upload ataupun di-tag (ditandai) padamu.

Caranya:
  1. Download dan install ekstensi Enksy's Album Downloader di browser Chrome
  2. Buka profil Facebook-mu
  3. Bila ingin mendownload seluruh foto, cukup buka menu Photos. Bila ingin mendownload beberapa  album tertentu saja, pilih Photos > Albums. Bila hanya ingin mendownload beberapa foto dari satu album saja, Photos > Albums lalu pilih dan buka album yang diinginkan.
  4. Klik tombol ekstensi Ensky Album Downloader dari toolbar Chrome
  5. Tunggu sejenak, Enksy akan memprosesnya di jendela baru dan menunjukkan pilihan untuk mendownload seluruh foto, album atau hanya beberapa foto tertentu.
  6. Pilih Album atau foto-foto yang kamu inginkan lalu pilih untuk mendownload dalam format .zip, lalu tunggu proses download selesai dan kamu mendapatkan foto-fotomu.




Cara download video di Facebook


Berbeda dengan foto, Facebook tidak menyediakan cara yang ringkas untuk mendownload video dari Facebook. Untuk itu kamu memerlukan bantuan dari situs lain yang menyediakan cara untuk mendownload video dari Facebook.

Untuk mendownload satu video dari Facebook, kita menggunakan Filevid

Filevid adalah sebuah situs yang menyediakan jasa download video gratis yang juga bisa diakses dan digunakan dengan baik oleh pengguna smartphone.

cara download video di facebook


Caranya: 
  1. Buka video di Facebook yang ingin kamu download
  2. Copy link video tersebut
  3. Buka Filevid, paste link tersebut ke box yang tersedia, lalu klik Download.
  4. Pilih kualitas video yang ingin kamu download dan mulai mendownload.
Hanya sesimpel itu, mudah bukan? Nantinya file video yang berhasil kamu download akan tersimpan di laptop ataupun smartphone mu dalam format .mp4.

Cara download video di Facebook (dalam jumlah BANYAK)

Berbeda dengan cara di atas yang memang ditujukan untuk mendownload satu-dua video saja, bila kamu ingin mendownload banyak video sekaligus dari Facebook, cara di atas sangat melelahkan karena harus membuka dan mendownload satu persatu secara manual.

Untuk mendownload banyak video sekaligus dari Facebook kita menggunakan aplikasi android MyVideoDownloader

Caranya:
  1. Download dan Install MyVideoDownloader dari Play Store
  2. Buka aplikasi MyVideoDownloader, login dan beri akses ke Facebook
  3. Aplikasi ini akan langsung masuk di News Feed Facebookmu dan menunjukkan video apa saja yang bisa di download dari sana. Kamu juga bisa masuk ke profil Facebook lain untuk melihat video-video yang bisa kamu download dari profil itu.
  4. Pilih vide-video Facebook yang ingin kamu download, klik download.
  5. Video Facebook yang selesai di download akan tersimpan di gadgetmu.

Nah, dari sekian banyak pilihan cara mendownload foto dan video di Facebook, kamu bisa memilih cara yang sesuai dengan platform atau gadget yang kamu gunakan. Bila tips ini bermanfaat untuk kamu, sebarkan dan bagikan tips ini, siapa tahu teman-temanmu juga membutuhkannya!


EmoticonEmoticon