Minggu, 17 September 2017

8 Cara Untuk Lebih Cepat Move On

Jatuh cinta itu sama berbahayanya dengan membiarkan seseorang menodongkan pistol ke kepalamu dan berharap agar dia tidak menarik pelatuknya. Fifty-fifty? Err... Aku rasa tidak. Aku yakin hampir seluruh manusia pernah mengalami perihnya mengakhiri hubungan. Ada yang bisa move on dengan mudah, ada juga yang masih lari dari kenyataan. Sebentar lagi aku akan membahas 8 cara untuk lebih cepat move on.

Kenapa harus move on?

Oh, wow! Memang bukan suatu keharusan untuk buru-buru melupakan semua kenangan-kenangan indah bersama orang yang pernah menjadi belahan hati. Tapi, membawa-bawa sampah ke mana-mana sepertinya bukanlah pilihan yang cerdas---dan lagipula, bukankah hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan memikirkan orang yang belum tentu memikirkanmu?


cara cepat move on


Kenapa move on itu susah?

Menjalin sebuah hubungan kurang lebih mirip dengan melakukan sebuah investasi. Kamu sudah menginvestasikan waktu, perasaan, bahkan materi dalam menjalin sebuah hubungan namun akhirnya harus merasakan kepedihan saat hubungan tersebut kandas. Mirip seperti saat kamu berinvestasi pada sebuah usaha yang ternyata menjadi bangkrut. Nggak berdarah sih, tapi sakit banget!

Move on itu penting, karena bila tidak segera dilakukan, akan berpotensi mengganggu masa depanmu!

Baca juga > Kenapa Move On Itu Susah?

Move on adalah sebuah proses.

Kamu mungkin tidak membutuhkan waktu yang lama untuk jatuh cinta pada seseorang, bahkan mungkin kamu memang jatuh hati sejak pandangan pertama. Aku pernah mendengar sebuah pepatah bijak: memulai sesuatu itu mudah, mempertahankannya lah yang sulit. Tapi kau dan aku sekarang paham, ternyata yang paling sulit adalah merelakannya.

Pada hampir seluruh kasus, proses move on cenderung lebih lama dari proses jatuh cinta itu sendiri. Ada yang memerlukan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, adapula yang sampai akhir hayat terus memendam rasa di hatinya. Apakah proses move on ini bisa dipercepat? Tidak ada formula yang pasti untuk menjawab itu, namun cara-cara berikut ini telah banyak membantu orang untuk lebih cepat move on.

8 Cara Untuk Lebih Cepat Move On


1. Terima kenyataannya, hubungan kalian sudah berakhir. Titik.

Ini adalah langkah pertama yang paling penting namun paling sering dihindari oleh mereka yang berjuang untuk move on. Ya, bila kalian terlalu pengecut untuk menerima kenyataannya, kalian tidak akan pernah benar-benar move on. Berpikirlah positif, bila hubungan kalian harus berakhir, mungkin artinya kalian memang bukan pasangan yang cocok satu sama lain. Memaksakan hubungan bukanlah pilihan yang bijak.

Terimalah kenyataannya, hubungan kalian sudah selesai, dan sekarang kamu siap untuk memulai lembaran yang baru.

2. Beri dirimu kesempatan untuk melalui semua ini sedikit demi sedikit.

Tidak perlu terlalu tergesa-gesa dan memaksa dirimu untuk cepat-cepat move on. Seperti yang tadi sudah kita bahas, move on adalah sebuah proses. Memaksakan dirimu untuk cepat melupakan apa yang telah terjadi di antara kalian dan bersikap seakan-akan semuanya baik-baik saja cenderung akan menyakitimu nantinya. Karena sesungguhnya, meskipun kamu mencoba berbagai cara untuk lebih cepat move on, kita tidak bisa membohongi perasaan kita sendiri.

Patah hati itu menyakitkan. Biarkan waktu yang menyembuhkan luka hatimu, tidak perlu berpura-pura baik-baik saja. Menyendirilah beberapa hari, istirahat lebih banyak, tidur lebih cepat, habiskan waktu luang dengan dirimu saja. Kamu berhak untuk momen mellow-mu!

3. Gantikan rasa kesal dan amarahmu dengan rasa syukur.

Detik-detik mengakhiri sebuah hubungan tentu sangat menyakitkan. Kamu akan sangat marah, kesal dan merasa sangat kecewa. Ini wajar dan memang semestinya, terutama bila hubunganmu berakhir karena ada pihak ketiga. Inilah pentingnya poin ke 2 tadi, karena kamu memang perlu momen sendiri untuk meredakan amarah dan menjernihkan pikiranmu kembali.

Bersyukurlah, karena akhirnya kamu tahu, bahwa dia bukanlah yang terbaik untukmu. Bersyukurlah, karena kamu mengakhiri hubungan yang tidak baik itu sekarang, you just cut your lose.

cara cepat move on

4. Kembalilah pada dirimu sendiri.

Sadarilah, setelah momen putus ini, kamu tidak lagi terikat pada kontrak 'kita', sekarang hanya ada kamu dan dirimu sendiri. Bila selama ini kamu telah banyak berkompromi dan meninggalkan beberapa hobby dan jati dirimu karena ingin menyatu dengan pasanganmu---ehm, mantan!---itu, sekarang kamu telah merdeka!

Kembalilah mengejar passion, hobby atau apapun itu---nonton anime, TV series, game RPG yang belum sempat kamu tamatkan---temukanlah kembali dirimu dan kesenanganmu yang dulu. Sekarang kamu single, bebas dan punya banyak waktu untuk dirimu. Enjoy it!



5. Kembalilah pada teman-temanmu.

Tidak perlu malu, teman-teman yang baik akan selalu ada untukmu. Bila dulu mungkin waktumu untuk teman-teman banyak berkurang karena sibuk dengan pasangamu sendiri, kini kamu bisa memperbaiki semua itu lagi.

Hanya saja, kamu nggak perlu menjelek-jelekkan atau menceritakan masalah internal kalian dengan teman-temanmu. Meskipun hubungan kalian berakhir, bukan berarti kalian harus bermusuhan.

6. Dedikasikan waktumu untuk passion atau hobby-mu!

Pilihlah kegiatan baru untuk menggantikan waktu-waktu yang biasa kamu habiskan bersama pasanganmu. Hobby atau passion yang tertunda sangat cocok untuk kamu mulai pada saat seperti ini. Entah kenapa, banyak orang berubah menjadi lebih kreatif atau artistik saat baru patah hati. Mungkin kamu bisa mulai menulis puisi atau cerpen atau menggubah lagu yang bisa menyentuh hati.

Siapa tahu patah hatimu itu justru bisa membawa profit bagimu, cobalah!

7. Berolahragalah untuk membuang semua pikiran negatifmu!

Bukan berita baru bila berolahraga sangat efektif untuk mengusir pikiran-pikiran negatif. Berolahraga terbukti bisa meningkatkan hormon dopamine yang membuatmu bisa berpikir lebih jernih dan memicu perasaan positif. Tidak perlu repot-repot, meskipun kamu tidak punya keanggotaan di gym atau fitness center, kamu bisa berolahraga hanya dengan berlari.

Siapa tahu, dengan berolahraga---misalnya jogging di taman---kamu bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang potensial untukmu.

8. Hargai dirimu, kamu layak mendapatkan yang terbaik.

Tekankan pada dirimu bahwa kamu itu sangat berharga dan kamu layak untuk menemukan orang yang benar-benar menghargai perasaanmu juga. Mengakhiri sebuah hubungan adalah sebuah momen penting untuk menyelamatkan dirimu dari kerugian yang lebih buruk. Kamu telah belajar banyak hal dari sebuah hubungan yang tidak berjalan dengan baik, dan karenanya kamu telah menjadi lebih bijaksana.

Jadi...

Move on itu merupakan sebuah proses yang memerlukan pemikiran yang jernih dan positif. Menerima kenyataan, memaafkan dan mengikhlaskan adalah kuncinya. Selanjutnya, mengisi waktumu dengan kegiatan yang positif dan produktif akan membantumu naik kembali. Olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk lebih cepat move on sekaligus membuatmu lebih sehat. Jangan lupa, teman-temanmu juga ada di sana untuk mendukungmu, kamu tidak sendirian. Good luck!


EmoticonEmoticon