Senin, 25 September 2017

Cara Chat PDKT Yang Bikin Nyaman (via WhatsApp, BBM atau LINE)

Seberapa sering kamu mengetik sebuah pesan chat, lalu berpikir dan akhirnya menghapusnya lagi? Aku yakin cukup sering! Karena kita memikirkan bagaimana perasaan orang yang menerima pesan tersebut. Kita ingin membuat lawan bicara kita menjadi nyaman dan menangkap maksud kita dengan baik. Di era Millennials ini, semua orang berkomunikasi via media sosial dan chat! Tentunya penting untuk kamu tahu bagaimana caranya chat yang bikin nyaman lawan bicaramu, terutama kalau kamu sedang PDKT melalui chat WhatsApp, BBM atau Line!


Cara Chat PDKT Yang Bikin Nyaman lewat WA, BBM atau LINE


Kenapa kamu harus belajar tentang cara chat yang bikin nyaman? Karena saat ini dunia maya cenderung lebih keras dari dunia nyata. Banyak orang yang memiliki kepribadian yang berbeda saat berada di belakang keyboard. Semua orang menyadari hal ini, sehingga membuat mereka menjadi waspada dan gampang curiga pada orang yang baru dikenal melalui media sosial. Lantas, apakah cara chat PDKT yang bikin nyaman ini sulit untuk dipelajari?

Untungnya, tidak begitu sulit.

Di sini kita akan membahas dengan detil tentang cara chat PDKT yang bikin nyaman, dasar-dasarnya, pemahaman dan penerapannya.

Baca juga > Cara PDKT Lewat WA yang Ampuh Baperin Cewek Gebetanmu!


Kenyamanan itu berasal dari kepercayaan.

Nyaman memiliki kata 'aman' di dalam penggalan katanya. Kamu tidak akan bisa merasa nyaman tanpa memiliki rasa aman terlebih dahulu. Rasa aman itu sendiri baru bisa kita miliki saat kamu mempercayai situasi dan kondisi di sekitarmu.

Contohnya: pernahkah kamu merasa kesulitan untuk tidur di tempat lain selain di kamarmu (rumahmu) sendiri? Misalnya saat kamu bepergian, menginap di hotel atau di rumah orang asing? Kamu tidak sendirian! Kebanyakan orang juga merasakan hal yang sama. Untuk bisa tidur dengan nyenyak kamu perlu merasa nyaman, untuk nyaman kamu perlu merasa aman, dan untuk aman kamu perlu mempercayai keadaan dan situasi di sekitarmu. Tentu saja sulit rasanya merasa nyaman di tempat yang asing bagimu.




Rasa asing adalah musuh kenyamanan

Kedua hal ini bertentangan, rasa asing akan mengusik perasaanmu untuk terus siaga sehingga tidak bisa merasa nyaman. Itulah sebabnya ketika kamu berbicara dengan orang asing kamu merasa sungkan, awkward dan tidak nyaman.


Chat yang bikin nyaman

Dalam berkomunikasi via chat, ada dua jenis komunikasi: formal dan personal. Para profesional tentunya menggunakan media chat seperti WhatsApp dengan pendekatan formal, meskipun tata bicara chat-nya tidak harus baku mengikuti tatanan EYD. Pada jenis komunikasi ini rasa nyaman hanya bisa diraih melalui integritas atau reputasi yang bersangkutan, misal: chat kepada operator provider, chat kepada customer service/public relation, chat kepada atasan di kantor, dll.

Pada komunikasi personal, menciptakan rasa nyaman memerlukan syarat yang berbeda. Seperti yang tadi kita sudah bahas, rasa nyaman bersal dari kepercayaan. Namun membangun kepercayaan seseorang terhadap kita melalui media chat bukanlah hal yang mudah. Tapi, kita bisa menggunakan sedikit trik psikologis untuk mempermudah dan mempercepat proses membangun kepercayaan lawan bicara kita.

Vulnerable

Di film-film action kita sering melihat adegan negosiasi di mana karakter yang ingin meraih kepercayaan dari lawan mainnya memposisikan dirinya menjadi vulnerable dengan membuang senjatanya atau mengangkat kedua tangan dan bergerak perlahan-lahan untuk meyakinkan bahwa dia tidak berniat menyakiti. Secara psikologis, kita bisa 'merebut' kepercayaan orang lain dengan singkat hanya dengan menunjukkan 'sisi lemah' kita. Hal ini dikarenakan kita lebih mudah mempercayai orang yang kita ketahui kelemahannya, membuat kita berpikir bahwa kita telah mengenalnya dan bisa mengatasinya kalau sewaktu-waktu dia bertindak membahayakan.



Cara membuat perempuan merasa nyaman melalui chat PDKT

Kamu bisa membuat gebetanmu merasa nyaman dengan menunjukkan 'sisi lemahmu'. Mungkin kedengaran aneh, karena biasanya bagi kita kaum cowok, terlihat lemah itu sangat memalukan. Kenyataannya tidak demikian. Perempuan adalah mahkluk emosional dan penuh empati. Dengan membuka diri dan menunjukkan kekurangan kita, justru membuat perempuan merasa mengenal kita lebih dekat.

Contoh kasus:

Andy sedang PDKT dengan Mira. Andy berencana untuk mengajak Mira menonton di bioskop saat weekend nanti. Andy mulai chatting dengan sedikit menyinggong soal kesenangannya menonton film-film bagus di bioskop. Gayung pun bersambut, Andy memancing Mira untuk menceritakan film-film terakhir yang ditontonnya. Bila ada film yang sama pernah Andy tonton juga, maka Andy ikut menceritakan pendapatnya.

Lalu tiba momennya, Andy membuka diri dan bercerita jujur meskipun sebenarnya dia malu. Andy bercerita bahwa dirinya tidak berani menonton film horror. Padahal saat itu sedang ramai film horror Pengabdi Setan yang di-reboot oleh Joko Anwar. Andy menceritakan pengalaman buruknya dulu dijebak temannya menonton film horror. Masalah Andy sebenarnya bukan takut, tapi Andy memiliki penyakit jantung. Saat dijebak temannya, film yang ditonton mereka saat itu banyak adegan jumpscare (adegan kejutan) sehingga penyakit jantung Andy kumat dan dia harus dibawa ke rumah sakit.

Setelah momen itu, Mira merasa simpati pada Andy dan tertarik mengenalnya lebih dekat. Setelah Mira mengetahui 'sisi lemah' Andy, dia merasa lebih dekat dan nyaman dengan Andy.

Kesimpulan

Kita semua memiliki 'sisi lemah' seperti Andy. Kita semua memiliki kisah yang bisa kita bagikan dengan orang lain. Menerima kelemahan diri sendiri adalah kunci dari kepercayaan diri untuk meraih kepercayaan orang lain. Dengan memahami hal ini kamu bisa membuat lawan bicaramu mengenalmu lebih dekat sebagai pribadi yang jujur dan dapat dipercaya. Jadi, rasa nyaman berasal dari kepercayaan, dan kepercayaan tumbuh dari momen di mana kalian berani untuk saling membuka diri dan menjadi vulnerable.

Itulah cara chat PDKT yang bikin nyaman (via WhatsApp, LINE atau BBM). Kalau kalian ingin belajar lebih lanjut tentang trik psikologis lainnya dalam PDKT, bisa mencoba teknik terlarang yang satu ini: Fractionation, Sebuah Trik PDKT Yang Terlarang (Khusus 18+)


EmoticonEmoticon