Kamis, 06 Juli 2017

Cara Membuat Orang Yang Marah Menjadi Baik (Meskipun Tidak Kamu Kenal)

membuat orang yang marah menjadi baik


Kita semua pasti pernah berada dalam sebuah situasi di mana seseorang menjadi marah pada kita. Bisa saja itu pasangan kita, teman, rekan kerja atau bahkan orang asing! Kalau kamu adalah orang yang mencintai kedamaian dan nggak suka ribut sama orang lain, keadaan seperti ini bisa jadi neraka untuk kamu! Jadi, bagaimana cara membuat orang yang marah menjadi baik?


4 Langkah Untuk Membuat Orang Marah Menjadi Baik


Sebelumnya, kamu harus memahami bahwa setiap situasi yang akan kamu hadapi adalah unik dan kamu harus bisa menentukan cara mana yang terbaik untuk melakukan pendekatan pada orang yang sedang marah itu. Berikut ini adalah beberapa cara yang cukup efektif untuk membuat orang marah menjadi baik.


1. Jangan Membalas

Aturan nomor satu di sini adalah: jangan membalas! Apapun yang dilakukan oleh orang tersebut, usahakan untuk tidak menyerang balik. Hal ini hanya akan membuat orang tersebut tambah marah. Sebuah contoh sederhana yang sering terjadi adalah di jalan raya, terkadang kamu tanpa sadar berjalan dengan lambat dan menghalangi orang lain yang sedang buru-buru, lalu kemudian pengendara di belakangmu marah-marah dan akhirnya menyalipmu. Bila kamu membalasnya dengan mengejar atau menyalip balik, maka kamu sudah menciptakan perang teluk dengan orang asing.

Meskipun rasanya dongkol, tapi sebaiknya jangan pernah membalas perilaku amarah dengan amarah lainnya. Meskipun kamu merasa tidak dihargai, biarkan saja, hiraukan egomu dan mengalahlah. Tapi, pastikan kalau tindakan mengalahmu itu tidak mengandung makna sarkas yang justru berpotensi membuat orang tersebut tambah marah.

Baca juga > Cara Membuat Wanita Penasaran Lewat PDKT Singkat

2. Tunjukkan Bahwa Kamu Peduli

Dari pada ikut-ikutan marah, lebih baik kamu menunjukkan perilaku kepedulian terhadap orang tersebut. Kebanyakan orang marah karena mereka merasa tidak/kurang dimengerti. Ya, banyak orang yang akhir-akhir ini bermental ‘rapuh’ dan mudah merasa didzalimi. Cobalah mengambil posisi menjadi pendengar curcol yang baik, biasanya hal ini ampuh untuk meredam amarah mereka. Berikut beberapa contoh kalimat yang bisa kamu pakai tergantung pada situasi yang terjadi:
Boleh saya tahu, apa yang salah? Siapa tahu saya bisa membantu.
Saya turut prihatin. Apakah anda baik-baik saja?
Seharusnya ini tidak perlu terjadi. Bagaimana saya bisa membantu?
Tidak perlu terlalu mengikuti EYD seperti di atas, sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Intinya, kalimat-kalimat kecil seperti ini bisa memancing orang tersebut untuk bicara dan mengeluarkan uneg-unegnya daripada marah-marah nggak jelas. Dengan berbicara, kita bisa lebih mengerti mereka, dan mereka pun bisa lebih tenang dan meredakan amarahnya.

Baca juga > Bagaimana Cara Mengetahui Kebohongan Seseorang

3. Jadilah Manusia

Bila orang marah tersebut memusatkan kemarahannya secara langsung kepadamu, maka cara tercepat untuk meredamnya adalah dengan membuat dirimu terlihat lebih manusiawi. Maksudnya, tunjukkan padanya bagaimana dampak kemarahan mereka itu terhadapmu, tunjukkan bila kamu menjadi takut, atau cemas atau kebingungan, bahkan (bila memungkinkan) menangis. Pastikan juga kamu membuat orang tersebut paham bahwa kamu tidak bermaksud mengakibatkan orang tersebut menjadi marah. Biasanya ketika orang melihat dampak dari kemarahannya, dia bisa menjadi lebih lunak.



4. Cairkan Suasana

Teknik yang satu ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena tidak semua orang cocok dengan tindakan ini. Melontarkan lelucon ringan atau pelesetan atau bahkan tersenyum-senyum terkadang cukup ampuh untuk bisa mencairkan suasana dan menciptakan perspektif bahwa keadaan yang terjadi tidak seburuk kelihatannya. Teknik ini harus dilakukan dengan tepat dan proporsional, karena bila kamu terlalu cengengesan, bisa jadi orang yang marah itu terpancing untuk lebih emosional lagi karena merasa sedang dipermainkan.

Baca juga > Fractionation, Sebuah Teknik PDKT Terlarang (Khusus Dewasa)

Jangan Biarkan Seseorang Merusak Harimu

Apapun katanya, tidak selalu usaha yang baik itu berbuah manis. Meskipun kamu sudah berusaha, kamu harus memahami bahwa sangat tidak mungkin untuk kita bisa mengontrol emosi orang lain. Terkadang memang ada orang yang tidak bisa ditenangkan amarahnya dengan cara apapun, mungkin mereka sedang PMS atau anak kucingnya baru saja kawin lari, biarkan saja. Jangan biarkan mereka merusak harimu. Tetaplah lakukan yang terbaik, bukan untuk mereka, tapi untuk dirimu sendiri.


EmoticonEmoticon