Jumat, 06 Januari 2017

8 Kegiatan Favorit Untuk Lari Dari Kenyataan

Ada dua macam orang yang meng-klik judul artikel ini, yang pertama adalah mereka yang penasaran karena kenapa sampai ada kegiatan favorit untuk lari dari kenyataan---bahkan ada 8 poin!---dan yang kedua adalah mereka yang memang benar-benar mau lari dari kenyataan. Bumi ini bulat, sobat. Setiap orang bertanggung jawab untuk dirinya sendiri, dan setiap orang memiliki kebebasan untuk memilih jalannya masing-masing. Baca juga: 7 Cara Cerdas Menghadapi Haters


Kegiatan Favorit Untuk Lari Dari Kenyataan


8 Kegiatan Favorit Untuk Lari Dari Kenyataan


Lari dari kenyataan. Tiga kata ini terdengar begitu negatif dan sering dianggap sebagai tindakan pengecut. Padahal kita sama-sama tahu, semua orang pernah lari (atau ingin lari) dari kenyataan. Entah itu karena bosan, capek hati, lelah jiwa atau hanya ingin mengungsi sejenak dari pergulatan hidup yang nggak ada habisnya. Lari dari kenyataan telah menjadi olahraga paling favorit bagi umat manusia.


Jadi, inilah beberapa kegiatan terfavorit untuk lari dari kenyataan.


Kegiatan Favorit Untuk Lari Dari Kenyataan


1. Nonton TV

Yup, urutan teratas adalah televisi. Setelah bertahun-tahun mengalami perkembangan sejak dari kotak dengan tabung monokrom hingga layar tipis LED yang mentereng, TV tetap menjadi pilihan pertama bagi banyak orang untuk lari dari kenyataan. Meski kebanyakan program/acara hiburan yang ditayangkannya terkesan receh, bagi mayoritas masyarakat yang tidak punya terlalu banyak pilihan hiburan, TV tetap menjadi pelarian mereka. Sementara masyarakat yang memiliki akses lebih memilih untuk kecanduan pada YouTube atau Netflix.

Baca juga > 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Westworld


Kegiatan Favorit Untuk Lari Dari Kenyataan


2. Buku

Buku bisa menawarkan jutaan bahkan milyaran kenyataan buatan untuk kamu singgahi sejenak saat kamu ingin lari dari kenyataanmu. Meski identik dengan kaum intelektual, namun buku sesungguhnya sangat terjangkau untuk siapa saja yang mau meluangkan waktunya. Dibandingkan menonton TV, membaca buku terbukti bisa memberi lebih banyak manfaat. Karena meskipun kamu menggunakan buku sebagai escape plan, secara tidak sadar membaca buku akan banyak menambah wawasanmu dan meningkatkan kemampuan kognitif, deduktif, linguistik dan semantikmu.

Baca juga > 15 Kebiasaan Kecil Yang Membuatmu Semakin Cerdas


Kegiatan Favorit Untuk Lari Dari Kenyataan


3. Game

Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, baik itu ponsel, gadget, komputer atau konsol. Sejak kemunculannya di abad ini, game telah menjadi salah satu pilihan terpopuler untuk lari dari kenyataan. Terutama game-game yang bergenre RPG, di mana pemain bisa menciptakan karakternya sendiri di dalam permainan itu. Pemain biasanya akan memiliki keterikatan emosional seiring berkembangnya karakternya. Sehingga tidak salah bila dikatakan bahwa gamer (pemain game) hidup di dua dunia. In Game dan In Real Life. Sayangnya, banyak gamer yang tidak dapat mengendalikan diri mereka dan lebih memilih dunia game dari pada dunia nyata. Mereka benar-benar ingin lari dari kenyataan secara permanen.


Kegiatan Favorit Untuk Lari Dari Kenyataan


4. Berteman dengan Alkohol

Mungkin terdengar agak ‘old school’, tapi sampai hari ini masih banyak orang yang percaya bisa menenggelamkan masalah/kesedihannya dengan alkohol. Mereka perlu diberi tahu, kalau masalah/kesedihannya itu bisa berenang. Jadi nggak bakal tenggelam meski mereka minum sampai muntah. Baca juga: Stop Membuat Hidupmu Tambah Rumit


Kegiatan Favorit Untuk Lari Dari Kenyataan


5. Binatang Peliharaan

Ya, aku tahu, di antara kalian ada yang protes tentang poin ini. Di sini aku bukan menjustifikasi kalau semua orang yang mengadopsi hewan peliharaan sedang lari dari kenyataan. Tapi, ada beberapa orang yang memang menggunakan kehadiran hewan peliharaannya sebagai alasan untuk lari dari kenyataan. Alih-alih menumpahkan perasaannya ke orang lain, ada orang yang melampiaskannya pada binatang peliharaannya. Ada yang marah-marah, bahkan (maaf) menyiksa binatang peliharaannya sebagai pelampiasannya. Itu adalah contoh yang buruknya, tapi ada juga yang lebih positif. Beberapa orang yang introvert atau kurang berteman memilih untuk berteman hanya dengan binatang peliharaannya. Bahkan, percaya atau tidak, ada yang menikahi peliharaannya itu!


Kegiatan Favorit Untuk Lari Dari Kenyataan


6. Orgasme

Ehmm...ehmm… Pastinya yang satu ini bukan sesuatu yang mengejutkan. Ini justru sangat biologis. Banyak orang berusaha lari dari kenyataan dengan mencari kepuasan seksual atau orgasme. Meski tidak semua orang memiliki partner untuk menyalurkan hasratnya itu, ada yang harus merogoh dompetnya, ada pula yang hanya merogoh ponsel dan sabun.

7. Travelling

Jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat yang baru bisa menjadi pilihan yang bagus untuk kamu yang ingin mengungsi sejenak dari kenyataan yang melelahkan. Meski tentunya traveling membutuhkan keaadaan finansial yang mendukung, tapi banyak juga orang yang mengakalinya dengan menekan budget dan melakukan perencanaan yang matang (baca: backpaker). Dengan traveling kamu bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman yang baru. Sehingga saat tiba waktunya untuk pulang, kamu sudah merasa segar dan siap untuk kembali bertempur dengan kenyataan hidup.

Baca juga > Tips Membuat Foto Traveling Yang Banjir Likes


Kegiatan Favorit Untuk Lari Dari Kenyataan


8. Shopping

Nah, ini sengaja diletakkan di penghujung. Karena opsi yang satu ini sebaiknya kamu hindari. Banyak orang, terutama perempuan, melampiaskan emosinya dan lari dari kenyataan dengan shopping gila-gilaan. Ini namanya kalap. Jangan coba-coba menyambangi pusat perbelanjaan/mall dengan kartu kredit saat kamu sedang ingin lari dari kenyataan. Penyesalan selalu datang terlambat, karena kalau didepan namanya lamaran.

Jadi itulah beberapa kegiatan favorit untuk lari dari kenyataan. Kita harus memahami, sebagai manusia kita memiliki batas. Ada saat di mana kita akan merasa jenuh dan ingin lari dari kenyataan. Ini sangat wajar dan tidak salah. Hanya saja, kita harus bijak memilih cara untuk me-refresh pikiran kita. Sehingga saat kita sudah fresh, kita sudah siap untuk kembali menghadapi dunia. Bagaimana dengan kamu? Kamu punya caramu sendiri untuk lari dari kenyataan?


EmoticonEmoticon