Sabtu, 07 Januari 2017

Cara Menghilangkan Tato, Secara Klinis dan Alternatif

Cara menghilangkan tato sering dicari oleh anak-anak muda saat ini. Beberapa di antaranya mengaku menyesal menorehkan nama kekasihnya yang kini telah menjadi mantannya. Ada juga yang malu dengan tato yang mereka buat saat sedang mabuk atau emosional. Apapun alasannya, intinya kita sedang mencari solusi untuk menghapus kesalahan itu. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan tato yang bisa kamu pertimbangkan. Bedah laser, dermabrasion cyrosurgery, chemical peels dan metode alternatif lainnya.



cara menghilangkan tato


Cara Menghilangkan Tato, Secara Klinis dan Alternatif





Beberapa metode menghilangkan tato berikut ini terbagi dalam dua jenis, yaitu metode klinis dan metode alternatif. Metode klinis adalah metode menghilangkan tato dengan bantuan tenaga profesional yang kompeten di bidang klinis kulit, sementara metode klinis adalah cara menghilangkan tato alternatif yang disadur dari pengalaman orang lain.


1. Cara Menghilangkan Tato Permanen Secara Klinis



cara menghilangkan tato


Menggunakan metode bedah laser (laser surgery) oleh ahli bedah dermatologis atau kosmetik. Menghilangkan tato permanen dengan metode bedah laser adalah salah satu metode penghilangan tato tanpa harus memotong kulit secara langsung. Metode bedah laser menggunakan gelombang sinar laser yang terkonsentrasi tinggi untuk mengangkat tinta dari lapisan kulit.
Pada umumnya metode ini dianggap sebagai cara paling efektif untuk menghilangkan tato. Meski tidak jarang meninggalkan bekas (scar), tapi cara ini cukup banyak diminati oleh mereka yang ingin menghapus tato mereka.
Menghilangkan tato dengan bedah laser bisa menghabiskan biaya belasan hingga puluhan juta rupiah, tegantung ukuran dan lokasi tatonya.


cara menghilangkan tato


Menggunakan metode dermabrasion. Pada metode ini, kulit yang bertato akan disemprotkan cairan yang sudah diformulasikan khusus untuk menghilangkan tato lalu dikikis/diparut untuk mengelupas lapisan kulit luar hingga ke lapisan kulit jangat (tempat tinta tato menempel). Cara ini akan menyebabkan tinta tato bisa dikeluarkan dari lapisan kulit tersebut.
Metode dermabrasion akan sangat menyakitkan dan biasanya diikuti oleh pendarahan pada kulit yang bersangkutan. Untuk itu pasien yang hendak menghilangkan tatonya akan diberikan anestesi lokal sebelum prosedur dimulai.
Menghilangkan tato dengan dermabrasion bisa menghabiskan biaya tujuh hingga delapan juta rupiah, tergantung besar tato dan lokasinya.


Menggunakan metode bedah (operasi kecil). Cara menghilangkan tato permanen dengan metode ini biasa dipilih apabila tato yang hendak dihilangkan berukuran relatif kecil. Misalnya, tato berbentuk tulisan atau simbol-simbol kecil. Pada metode ini pasien akan dibius, lalu dokter melakukan pembedahan untuk memotong kulit yang ditato, mengeluarkan kulit tersebut secara keseluruhan dan menjahit kembali kulit yang tertinggal (dirapatkan). Bila ukuran tato cukup besar, bisa dipertimbangkan untuk menempel celah kulit yang dibedah dengan mengambil bagian kulit tubuh lain yang berlebih atau lebih bisa berkompromi untuk meninggalkan bekas luka permanen (scar).


cara menghilangkan tato


Menggunakan metode cyrosurgery dan chemical peels. Pada metode cyrosurgery, tato akan dibekukan kemudian dibakar dengan nitrogen cair. Sementara chemical peels juga mengaplikasikan ramuan kimia pada kulit, menyebabkan kulit menjadi terkelupas. Metode ini sangat menyakitkan dan hasilnya tidak seefektif metode bedah atau laser.


2. Cara Menghilangkan Tato Permanen Dengan Metode Alternatif



cara menghilangkan tato


Menghilangkan tato dengan menggunakan garam (salabrasion). Salabrasion adalah sebuah istilah untuk metode pengikisan kulit dengan cara menggosokkan garam pada kulit. Dengan cara ini kulit akan menjadi panas dan perlahan-lahan terkelupas.
Salabrasion adalah sebuah cara kuno untuk menghilangkan tato dari Timur Tengah. Cara ini tidak selalu berhasil dan sangat berbahaya karena bisa menimbulkan iritasi dan infeksi pada kulit, terutama pada mereka yang memiliki kulit sensitif.


Menghilangkan tato dengan ramuan minyak zaitun, madu dan garam. Ini adalah salah satu cara tradisional untuk menghilangkan tato. Kandungan minyak zaitun dan madu di dalamnya akan sedikit melunakkan garam sehingga prosesnya tidak akan terlalu menyakitkan. Namun cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama (berbulan-bulan) dan harus teratur dioleskan pada tato 3-4 kali sehari. Biasanya tato akan memudar, namun masih terlihat samar-samar.


Menghilangkan tato dengan krim penghilang tato. Saat ini banyak toko online yang menjual krim penghilang tato. Meski banyak yang meragukan, tidak sedikit juga yang mencoba dan cukup efektif. Namun tidak jauh berbeda dengan ramuan minyak zaitun di atas, cara menghilangkan tato dengan krim tattoo removal ini juga membutuhkan waktu yang lama. Tergantung jenis dan umur tato, cara ini juga biasanya masih meninggalkan bayangan tato yang terlihat samar-samar.


Menindih tato yang ingin dihilangkan dengan tato baru. Cara ini adalah salah satu alternatif untuk mereka yang menyesali tato lama yang sifatnya personal, seperti nama mantan kekasih, tato iseng, atau simbol keagamaan yang tidak lagi diyakini. Dengan berkonsultasi pada seniman tato yang berpengalaman, para pemilik tato bisa mengubah tato lamanya menjadi tato baru.

Pada intinya, tidak ada cara menghilangkan tato permanen yang 100% efektif. Semua cara di atas akan meninggalkan bekas. Karena itu, sebelum kalian memutuskan untuk merajah sebuah tato pada tubuh kalian, pikirkan dan pertimbangkanlah dulu dengan matang.


EmoticonEmoticon