Selasa, 03 Januari 2017

Menyulap Foto Makanan Menjadi Menarik dengan VSCO dan Instagram

Kamu suka nongkrong dan icip-icip kulineran atau kafe-kafe hits di sekitarmu? Pastinya kamu juga nggak ketinggalan untuk foto-foto makanan dan minuman yang kamu order kan? Kalau fotomu itu bagus dan menarik, pasti foto itu akan kebanjiran likes dan comments di Instagram-mu. Tapi membuat foto makanan yang menarik dan mengundang apresiasi itu tidak mudah, kamu juga tahu itu. Karena itu kita akan membagi beberapa tips tentang cara menyulap foto makananmu dengan VSCO dan Instagram!

Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO

1. Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO: Download dulu apps VSCO-nya!

Yaelahhh boss, pake diajarin! Hahaha.
Tapi jelas ini langkah pertamanya, karena meskipun kita bisa mengedit langsung foto makananmu di app Instagram, fitur-fitur edit di Instagram masih sangat terbatas, terutama untuk foto makanan. Karena itu, sebelum lanjut ke langkah berikutnya, yuk download dulu aplikasi VSCOcam dari App Store atau Google Play!

Baca juga > Filter VSCO Terbaik Untuk Kamu Yang Senang Naik Gunung

2. Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO: White Balance

Salah satu hal paling mendasar dan sangat vital dari fotografi kuliner atau food photography adalah pengaturan white balance. Fitur White balance adalah sebuah pengaturan yang memungkinkan kita untuk mengoreksi warna pada hasil foto kita dengan berpatokan pada objek dalam foto yang berwana putih. Karena biasanya kondisi pencahayaan saat kita mengambil foto kurang mendukung. Entah terlalu gelap, terlalu terang, atau terpapar polusi warna dari pencahayaan yang ada.
Jadi, pada pengaturan white balance, kita hanya perlu menggeser slider sampai objek yang sebenarnya berwarna putih pada foto kita benar-benar menunjukkan wana putih (bukan kebiruan atau kekuningan). Cek gambar berikut ini sebagai panduan:

Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO

Nah, pada aplikasi VSCO, white balance juga dikenal dengan istilah temperature. Karena pengaturan ini mengubah kesan sebuah foto menjadi lebih dingin (kebiruan) atau lebih hangat (kekuningan).

Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO

Terkadang beberapa Instagrammers menggunakan pengaturan temperature ini sebagai ciri khas feed Instagram mereka. Tapi berbeda dengan makanan, bila kamu menggunakan pengaturan temperature/white ballance yang kurang tepat, makanan yang kamu foto justru tampil kurang menarik. Sebagai contoh pada gambar di atas, foto daging (steak) yang matang sempurna itu akan terlihat seperti kurang matang apabila kamu menggunakan pengaturan temperature yang salah. Eeeww!

Baca juga > Tips Bikin Foto Liburan Yang Banjir Likes dan Comments

3. Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO: Mainkan Exposure

Harus kita akui, kebanyakan makanan terlihat jadi lebih gelap pada saat kita foto. Akan ada objek-objek lain (seperti piring yang putih mengkilap, serbet atau peralatan makan lainnya) yang lebih menonjol yang membuat makanan kita agak ‘tenggelam’. Terkadang memang situasi resto atau kafe tersebut yang mengakibatkan foto itu minim exposure-nya.

Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO

Gunakan pengaturan exposure untuk mengangkat gambar makananmu sampai seluruh bagian makanan terekspos dengan baik. Meski terkadang ‘agak memaksa’ karena latar belakang gambar yang kita angkat eksposurnya akan terlihat terlalu terang, jangan takut, karena oranng-orang akan lebih memperhatikan makananmu!

Baca juga > Tips Ampuh PDKT Lewat Chat LINE, BBM dan WA

4. Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO: Maksimalkan Potensi

Salah satu elemen paling penting dari food photography adalah warna. Tentu saja, coba kamu bandingkan foto makanan yang berwarna terang dengan yang hitam putih. Pasti yang berwarna akan lebih memancing selera bukan?

Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO

Melalui VSCO kita bisa mengatur color balance dengan memainkan pengaturan Contrast dan Saturation. Cobalah berkesperimen dengan memainkan kedua slider ini, maksimalkan potensi dari setiap jepretanmu!

5. Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO: Lux

Setelah semua langkah di atas telah kita eksekusi melalui VSCO, sekarang saatnya berpindah ke Instagram. Foto yang sudah kamu edit melalui VSCO tadi bisa langsung kamu export ke Instagram. Sebenarnya proses editing foto ini sebagian besarnya telah kita selesaikan di VSCO, apa yang akan kita lakukan di Instagram adalah memoles hasil akhirnya.

Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO

Instagram memiliki sebuah fitur luar biasa yang jarang dipahami kebanyakan orang, yaitu Lux. Fitur Lux ini sejatinya adalah semacam HDR (High Dynamic Range) buatan. Sebagaimana tujuan dari HDR yaitu meredam bagian yang terlalu terang dan mengangkat bagian yang terlalu gelap. Fitur ini bisa membawa perubahan yang dramatis pada fotomu. Cobalah mengaplikasikannya dengan tepat, kamu akan terkesima dengan hasil yang kamu dapatkan.

Baca juga > 8 Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

6. Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO: Sharpen

Instagram ditujukan untuk para pengguna smartphone, yang berarti gadget dengan layar relatif kecil. Pada layar yang kecil, ketajaman sebuah gambar merupakan hal yang sangat penting. Dengan menggunakan pengaturan Sharpen, kamu bisa membuat detil-detil penting terlihat lebih jelas. Patokannya adalah menaikkan pengaturan Sharpen sampai pada batas sebelum sudut-sudut pada gambar terlihat meruncing/patah-patah.

Cara Edit Foto Makanan Dengan VSCO

Kesimpulan

Selamat! Kamu baru saja memahami cara mengedit foto makanan dengan VSCO dan Instagram. Food photography atau fotografi kuliner bukanlah hal yang mudah, dan tidak ada filter bawaan Instagram yang tepat untuk itu. Karena fotografi kuliner bertujuan untuk menghasilkan gambar makanan se-natural mungkin, dengan tingkat kecerahan (exposure) yang cukup, warna yang hidup dan detail yang tajam. Bagaimana denganmu? Apa kamu punya trik tersendiri untuk fotografi kuliner?


EmoticonEmoticon