Minggu, 11 Desember 2016

Kamu Bisa Awet Muda Hanya Dengan Meninggalkan 6 Kebiasaan Buruk Ala Mahasiswa Ini!

Rahasia Awet Muda

Siapa yang tidak ingin awet muda? Terutama kalau kamu sudah berumur lebih dari seperempat abad dan merindukan masa-masa kejayaanmu saat masih menjadi mahasiswa dulu. Ya, aku tahu, itu masa-masa yang menyenangkan. Masalahnya, meskipun kita sudah bukan mahasiswa lagi, kebiasaan-kebiasaannya yang khas itu masih terbawa-bawa.

Jujur saja, kita sama-sama tahu kalau sebagian besar gaya hidup ala mahasiswa itu kurang baik untuk kita pertahankan. Mari kita simak bagaimana kamu bisa menjadi lebih awet muda hanya dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk saat masih menjadi mahasiswa dulu!

Baca juga > Cara Menarik Perhatian Gebetan Lewat Chat BBM, LINE atau WhatsApp

Rahasia Awet Muda

1. Rahasia Awet Muda: Pahit itu Obat, Manis itu Penyakit!

Masa muda kita tentunya sangat berwarna. Begitu juga dengan makanan dan minuman yang kita santap. Soda, es, manisan dan snack-snack sampah (junk food) menjadi teman akrab kita saat masih berstatus mahasiswa. Belum terhitung lagi malam-malam yang kita lalui dengan begadang karena besoknya akan ulangan semester. Tentunya tidak afdol kalau begadang tanpa cemilan bukan?


Mulai hari ini, stop kebiasaan ini! Perhatikan kadar gula darahmu, periksa makanan dan minuman yang hendak kamu konsumsi. Sebagian besar cemilan-cemilan favoritmu bisa mengandung kadar gula yang lebih banyak dari seporsi nasi padang! Kalau kamu ingin hidup lebih lama, kendalikan dirimu dari yang manis-manis! Cukuplah gebetanmu saja yang manis!

2. Rahasia Awet Muda: Hentikan Menyiksa Rambutmu!

Bukan rahasia bila masa-masa mahasiswa adalah masa-masa di mana semua orang berusaha mengeluarkan penampilan terbaiknya. Yang cowok rutin berganti-ganti gaya rambut mengikuti tren anime atau pesepakbola ternama seperti David Beckham atau Christiano Ronaldo. Berbagai macam gel rambut, wax, mousse dan pewarna rambut menjadi belanja wajib setiap bulannya.

Rahasia Awet Muda
Begitu juga dengan yang cewek, mahkluk yang paling sulit dimengerti di jagad raya ini. Mereka yang rambutnya lurus ingin dikeriting, yang rambutnya keriting ingin diluruskan. Berbagai macam spray rambut dan pewarna juga kerap mereka gunakan.

Produk-produk ini tentunya memiliki dampak yang kurang baik pada rambut kita. Kandungan-kandungan kimiawi di dalamnya bisa mengakibatkan rambut menjadi bercabang dan rapuh, bahkan bisa mengakibatkan kerontokan pada pemakaian yang berkepanjangan.

Kasihani rambutmu. Pertimbangkan untuk mengganti gaya rambutmu dengan yang lebih simple. Pilihlah gaya rambut yang tidak memerlukan produk-produk rambut seperti di atas. Tampil lebih natural akan membuatmu terlihat lebih segar dan lebih awet muda.

3. Rahasia Awet Muda: Untuk kesekian kalinya, berhentilah merokok!

Aku tahu beberapa di antara kalian ingin memaki. Karena berhenti merokok tidaklah semudah memulainya. Banyak perokok sangat menyesali telah memulai kebiasaan mematikan ini. Mereka ingin berhenti namun efek candu dari nikotin sudah terlanjur menjerat mereka.

Rahasia Awet Muda

Tapi, apapun tantangannya, tidak ada yang tidak bisa kita taklukkan kalau kita sudah meniatkannya. Banyak yang sudah membuktikan bahwa berhenti merokok itu tidak sesulit yang mereka bayangkan. Intinya adalah niat dari dalam dirimu dan dukungan dari lingkungan sekitarmu. Kamu bisa juga mencari grup-grup di media sosial yang saling berbagi tips untuk membantu mereka yang ingin berhenti merokok

Tinggalkan pola pikir yang membuatmu merasa kalau merokok bisa membuatmu terlihat lebih jantan atau macho. Karena pria sejati justru bisa mengendalikan dirinya, bukan dikendalikan oleh gengsi atau ego semata.

Baca juga > Apakah Kamu Seorang Pria Sejati?

Dengan berhenti merokok, kamu akan menjadi awet muda. Bukan hanya wajah dan tubuhmu yang awet muda. Dompetmu juga akan lebih awet!


4. Rahasia Awet Muda: Begadang Jangan Begadang, Bila Tiada Artinya.

Begadang sudah menjadi kebiasaan khas bagi mahasiswa, terutama saat menjelang ulangan. Entah sejak kapan ritual ini telah diwariskan pada mahasiswa, tapi begadang merupakan kebiasaan yang biasanya ditularkan dari lingkungan sesama mahasiswa juga. Bukan hanya saat menjelang ulangan saja, mahasiswa juga sering begadang hanya untuk main game online atau sekedar browsing-browsing internet tanpa tujuan yang jelas.

Sebuah penelitian yang diliput di media ternama New York menemukan bahwa begadang bisa membuat kita terlihat “...tua dan menyedihkan.” Apa kamu rela membayar harga semahal itu hanya untuk begadang? Aku sih, No!

Rahasia Awet Muda

5. Rahasia Awet Muda: Stop Mabok Kafein

Nggak bisa dipungkiri, budaya ngopi biasanya dimulai sejak mahasiswa. Karena berhubungan dengan poin di atas, begadang. Bukan hanya begadang, ngopi juga sudah menjadi kebiasaan kewajiban saat nongkrong atau ngumpul dengan teman-teman. Bila tiba saatnya mengerjakan tugas atau makalah, biasanya asupan kopi juga semakin meningkat. Lalu saat skripsi datang, kopi sudah menjelma menjadi makanan pokok mahasiswa!

Kandungan kafein bukan hanya mengganggu siklus tidurmu. Kafein yang berlebihan juga bisa mengakibatkan kulit kering bahkan… berkerut!

Aku juga seorang pecinta kopi, bahkan saat ini aku sedang menulis ditemani kopi. Kopi itu mirip api. Dia akan tetap menjadi teman yang baik apabila bisa kamu kendalikan.

6. Rahasia Awet Muda: Saatnya Berkenalan Dengan Conditioner!

Ehm! Aku tidak salah tulis. Conditioner sungguh memegang peran yang penting. Dulu saat kita masih mahasiswa, yang umumnya juga merangkap anak kos, kita mungkin hidup dengan budget yang ketat. Membeli shampoo saja sudah syukur, boro-boro beli conditioner!

Padahal conditioner sangat penting! Karena conditioner berperan untuk menjaga kekuatan dan vitalitas rambut kita. Coba kamu ingat, berapa banyak tantangan yang dihadapi rambut kita setiap hari? Mulai dari kerasnya bahan kimia shampoo di pagi hari, sinar matahari, debu, asap, hingga helm sejuta umat dari Go-Jek! Kalau bisa menjerit, rambut kita sudah menggigit!

Sadarilah bahwa rambutmu merupakan bagian vital dari penampilanmu. Kamu tidak akan tampil awet muda dengan rambut yang kusam dan rontok. Sekarang kamu mungkin sudah bekerja, tidak lagi mengharapkan kiriman bulanan seperti dulu. Keluarkanlah budget bulanan untuk perawatan dirimu. Jangan pelit pada dirimu, karena kesehatan dan penampilan yang baik adalah investasi paling prioritas dalam hidupmu!

Baca juga > 7 Cara Cerdas Menghadapi Haters


Seperti yang sudah aku sebutkan di awal artikel ini, semua orang ingin tampil awet muda. Mempertahankan kebiasaan buruk ala mahasiswa tidak akan mengembalikan kejayaan masa mudamu. Tapi dengan membangun kebiasaan dan gaya hidup yang sehat, tubuhmu akan sangat berterimakasih padamu.


EmoticonEmoticon