Minggu, 18 Desember 2016

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Westworld


Kenapa Harus Nonton Westworld

Saat ini sulit untuk bicara tentang HBO tanpa menyinggung Game of Thrones. Karena memang serial yang penuh dengan kekerasan, seksualitas dan fantasi ini telah merebut hati miliaran penonton di seluruh dunia. Meski demikian, cerita yang paling apik sekalipun memiliki akhir. HBO tentunya harus memikirkan penggantinya. Perkenalkan Westworld, sebuah original series terbaru dari HBO yang siap menjadi guilty pleasure terbarumu. Baca juga: Berapa 'sih gaji para pemeran Game of Thrones?


7 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Westworld



Sebelum Westworld, sebenarnya HBO sudah merilis sebuah mini series yang cukup menarik untuk mengisi kekosongan Game of Thrones. The Night Of yang dibintangi oleh Riz Ahmed juga telah mengundang banyak pujian. Namun para penonton HBO mengharapkan sebuah series yang lebih solid, lebih brutal dan lebih gelap. Bagaimana Westworld bisa menjawab semua permintaan itu? Mari kita simak 7 alasan kenapa kamu harus nonton Westworld!

1. Alasan Nonton Westworld: Karena series terbaru ini memang dirancang untuk menggantikan Game of Thrones


Perlu kalian ketahui, Westworld adalah sebuah mega project yang benar-benar digarap dengan serius. Benar-benar serius! Untuk season pertama saja, Westworld telah menghabiskan US$54 juta! Menurut berbagai sumber, serial yang satu ini sebenarnya telah lama dimatangkan. Westworld direncanakan untuk tayang dalam 5 season dan adegan finalnya sudah dipetakan dengan matang.

Kenapa Harus Nonton Westworld

Semenjak Game of Thrones, para penikmat series menanti-nantikan series lain yang bisa menghadirkan sebuah dunia fantasi baru yang ambisius dan menggelegar seperti dunia Seven Kingdoms yang dihuni Daenerys Targaryen, si Mama Naga. 
Baca juga > 3 'Holy-shit-moments' Yang Disiapkan Opa Martin Untuk Fans Game of Thrones!
Westworld telah membuktikan bahwa mereka siap meneruskan dominasi HBO di jajaran series terbaik. Game of Thrones sendiri sudah tiba di season penghujungnya, sementara Westworld baru menyelesaikan season pertamanya dengan apik. Keduanya akan menjadi tontonan yang akan sama-sama dinantikan di tahun mendatang.


2. Alasan Nonton Westworld: Dikerjakan oleh orang-orang hebat!


Westworld dibidani oleh produser kondang J.J. Abrams! Dialah orang yang menghidupkan kembali seri Star Wars dan Star Trek, dua film sci-fi paling legendaris sepanjang masa.


Bukan hanya itu, Jonathan Nolan (adiknya Christopher Nolan) dan isterinya Lisa Joy merupakan otak dibalik ide cerita West World yang kompleks, sulit ditebak dan mengandung banyak plot twist yang mengejutkan penonton. Gaya cerita mereka yang dalam dan mendetil tercermin pada karya mereka sebelumnya seperti Memento, The Prestige, The Dark Knight, dan Interstellar.
Baca juga > Vin Diesel Jadi Jahat di Fast Furious 8


Ehmm! Hampir terlupa. Ada Ramin Djawadi di dapur musik. Ramin menjadi komposer untuk Westworld sebagaimana dia selama ini menjadi komposer untuk Westeros. Ya, Ramin Djawadi adalah komposer yang mengerjakan musik di Game of Thrones juga! Jadi, sudah komplit! Produser sci-fi yang hebat plus penulis hebat plus komposer hebat. What could possibly go wrong?!

Kenapa Harus Nonton Westworld


3. Alasan Nonton Westworld: Ada Anthony Hopkins!


Salah satu bagian menarik dari Westworld adalah kehadiran Anthony Hopkins. Dia tampil begitu memukau sebagai Hannibal Lecter bahkan telah memenangkan penghargaan Oscar untuk peran itu di “The Silence of the Lambs”. Luar biasanya, di film tersebut dia bahkan bukan tokoh utamanya. 

Begitu juga dengan di sini, di Westworld, Anthony Hopkins berperan menjadi Dr. Robert Ford, ilmuwan yang menciptakan Westworld, sebuah wahana permainan yang dipenuhi dengan android (bukan ponsel, tapi robot berbentu manusia). Dia bukan tokoh utamanya, tapi dia menjadi salah satu kuda hitam yang membuat penonton penasaran.

Kenapa Harus Nonton Westworld


Selain si opa psycho tadi, ada si cantik Evan Rachel Wood, Thandie Newton dan James Marsden yang berbagi panggung utama. Di tambah sosok Ed Harris yang berperan sebagai anti-hero yang misterius dan Jeffrey Wright memerankan karakter yang rumit dan kompleks. Episode demi episode mengungkap cerita yang lebih detil dan mendalam pada setiap karakter. Westworld benar-benar sebuah character driven story!

4. Alasan Nonton Westworld: Nggak kejar-kejaran dengan novel


Tidak seperti Game of Thrones yang diangkat menjadi series dari novel karangan G.R.R. Martin, Westworld tidak diangkat dari buku atau novel manapun. Kamu nggak perlu khawatir dengan semua kisruh spoiler/bocoran yang dihebohkan di forum-forum manapun.
Baca juga > Episode 9, Momen Paling Maut di Game of Thrones


Memang benar, Westworld diangkat dari film jadul tahun 1973 karya Michael Crichton (Jurassic Park) yang berjudul sama. Namun series Westworld saat ini hanya meminjam premis awalnya saja. Series Westworld jauh lebih mendetil dan mendalam terutama pada season-season selanjutnya dimana ceritanya sudah berangkat jauh dari cerita yang ada di film karya Crichton dulu.

5. Alasan Nonton Westworld: Konsep yang menarik!


Warning! Sedikit spoiler pada bagian ini!
Mungkin kalian sudah pernah menonton karya Michael Crichton yang paling terkenal, Jurassic Park. Tentang sebuah taman wahana yang menghadirkan hewan-hewan purbakala untuk menjadi hiburan untuk orang-orang kaya. Kemudian terjadi masalah, hewan-hewan mengamuk dan menyerang pengunjung.

Kenapa Harus Nonton Westworld

Westworld sedikit banyak memiliki konsep yang mirip. Sebuah wahana di mana orang-orang yang sangat berduit---biaya masuk per hari di Westworld Park adalah US$40,000---bisa bermain peran (cosplay) sebagai koboi, bebas menembak, membunuh bahkan memperkosa di sebuah dunia fantasi berlatar seperti Texas di masa perang saudara US. Semua pemain bebas melampiaskan sisi gelap dan nafsu liarnya di taman permainan ini tanpa harus memikirkan konsekuensinya. Karena semua host yang mereka bunuh dan perkosa adalah android/robot sangat menyerupai manusia yang bisa dihidupkan kembali setiap harinya.


Semua host ini setiap harinya melakukan rutinitas yang telah diprogram untuk berjalan berulang menurut narasi cerita yang sudah ditentukan untuk mereka. Para pengunjung bisa masuk dan berinteraksi dengan mereka. Jalan cerita mereka bisa berubah tergantung interaksi dengan pengunjung atau sekedar mati karena tertembak oleh pengunjung.


Konsep cerita Westworld ini sangat menarik. Karakter-karakter di dalam cerita ini sangat detail dan kompleks. Semakin cerita beranjak maju, setiap karakter semakin bertumbuh dan berkembang. Setiap konflik, krisis, teka-teki dan romasa yang dihadirkan bukan hanya sekedar pemuas mata, semua hadir dengan bobot cerita yang rapi dan berkontribusi pada kemajuan plot utama.

6. Alasan Nonton Westworld: Identik dengan game RPG


Westworld adalah sebuah series dengan genre sci-fi. Ya, classic sci-fi dengan skenario unik seperti permainan video game bergenre RPG saat ini. Kamu yang sering bermain game RPG akan tersenyum-senyum sendiri menonton series ini. 

Kamu bisa memilih untuk menjadi siapa saja tanpa perlu membawa identitasmu di dunia nyata. Kamu bisa memilih Quest untuk diikuti, kamu bisa membangun hubungan dengan NPC, berjudi, berkuda, berburu penjahat layaknya bounty hunter. Aku jamin, setelah menonton Westworld, kamu juga pasti akan berharap seandainya wahana Westworld ini benar-benar ada di dunia nyata!

Kenapa Harus Nonton Westworld

7. Alasan Nonton Westworld: Violence, Sex and Dark Story


Alasan yang terakhir ini memang merupakan alasan utama mengapa Westworld layak menjadi guilty pleasure baru untuk menggantikan Game of Thrones yang akan segera berakhir. Ada apa dengan semua kekerasan, kebrutalan, seksualitas dan alur cerita-cerita yang berat ini?


Sederhana saja, karena kita bukan anak-anak. Karena kita memerlukan tontonan yang nyata. Bukan dongeng di mana kebaikan akan selalu menang melawan kelaliman. Jauh di dalam diri kita yang terkekang dengan superego, moral, nilai-nilai dan religiusitas, terpendam keinginan-keinginan untuk berontak. Namun di dunia nyata, semua itu menuntut konsekuensi yang mahal. Tontonan seperti Game of Thrones dan Westworld bisa menjadi sublimasi yang sehat. So, enjoy your guilty pleasure!

6 komentar

duh saya masih suka film yg mikir" seru soalnya

Hehe, sama gan..
Saya juga pecinta film berpikir. Plotnya berat. Punya keasyikan tersendiri.

nanti gw nonton deh gan, rekomendasi banget nih

Kalau suka Game of Thrones, pasti bakal langsun suka sama Westworld gan.. :)
Thanks sudah singgah ya..


EmoticonEmoticon