Rabu, 09 November 2016

8 Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

Manfaat minum air putih sebenarnya bukan temuan baru. Wanita-wanita Jepang (bukan hanya para idol ataupun bintang JAV yah, haha) terkenal dengan penampilan tubuh mereka yang langsing, sehat dan ideal. Meski beberapa orang berpendapat bahwa itu karena bawaan genetik, namun banyak juga yang berpendapat bahwa ritual pagi mereka juga turut berpengaruh menjadikan mereka lebih sehat. Tentunya yang kita maksud dengan ritual pagi di sini bukan yang aneh-aneh ya, tong! Ngomongin cewek Jepang memang sulit untuk fokus, haha. Ritual pagi yang dimaksud adalah, minum air putih sesegera mungkin setelah bangun tidur.

Ritual ini telah berakar cukup lama dalam budaya bangsa Jepang, ritual ini sebenarnya merupakan sebuat bentuk terapi air yang terbukti (secara ilmiah) membantu menyembuhkan banyak sekali gangguan-gangguan dan penyakit pada tubuh manusia. Berbeda dengan masyarakat kita di sini, masyarakat di Jepang sangat jarang sekali mengalami masalah dengan bentuk tubuh seperti kegemukan atau obesitas. Bahkan ada anak SD usia 10 tahun yang mengalami obesitas hingga 190kg! Jadi kita perlu belajar dari masyarakat Jepang tentang pola hidup sehat, khususnya ritual minum air putih.


Baca juga > Ternyata Tidur Siang Bisa Bikin Kamu Lebih Kreatif!

Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

Mengapa minum air putih itu penting?

Seperti yang kita telah ketahui, sekitar 70% dari tubuh kita terdiri dari air, karenanya sangat penting untuk menjaganya tetap segar dan tercukupi agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Apabila asupan air ke dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik, maka tubuh sangat beresiko terserang berbagai macam gangguan, mulai dari yang ringan sampai yang serius.

Seserius apa?
Bila tubuh mengalami dehidrasi dalam waktu yang lama bisa menyebabkan arthritis, migrain, colitis, dyspepsia, tekanan darah tinggi, obesitas, pendarahan dalam, kanker payudara, TBC, batu ginjal, sinusitis dan kanker saluran kemih! WTF!!

Mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan?


Baca juga > Stop Membuat Hidupmu Menjadi Semakin Rumit


Bagaimana Cara Menerapkan Terapi Air?

Terapi ini memberikan manfaat yang telah terbukti meringankan berbagai gangguan pada tubuh, gangguan menstruasi pada wanita dan beragam gangguan pada fungsi penglihatan. Selain itu, kamu akan merasa lebih segar dan bertenaga sepanjang hari dengan mengikuti terapi air ini:

  • Minum sekitar 160ml (3/4 gelas) air sebanyak empat kali segera setelah kamu bangun tidur, sebelum sikat gigi dan saat perut kosong.
  • Jangan makan apapun selama 45 menit setelahnya.
  • Minum air putih setidaknya 30 menit sebelum makan, tapi jangan minum lagi selam dua jam ke depan setelah makan pagi, makan siang dan makan malam.
  • Bila kamu belum bisa minum empat gelas (masing-masing 160ml) di pagi hari seperti pada langkah pertama, kamu bisa memulainya dengan satu gelas saja, lalu perlahan-lahan ditingkatkan sampai akhirnya kamu bisa mencapai empat gelas (640ml).
Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong


8 Manfaat Minum Air Putih Pada Saat Perut Kosong


1. Membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh

Pada saat kamu meminum air, seketika itu juga akan terjadi pergerakan pada ususmu. Pada malam hari, saat kamu tidur, tubuhmu memperbaiki dirinya sendiri dan mengeluarkan semua racun-racun di dalam tubuh. Ketika kamu bangun pagi dan langsung minum air putih saat perut kosong, air putih itu akan menyiram keluar racun-racun ini, sehingga tubuhmu semakin sehat dan segar. Minum air putih yang banyak juga bisa membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah yang baru.


2. Meningkatkan Metabolisme

Meminum air putih pada saat perut kosong juga bisa meningkatkan metabolisme setidaknya 24%. Peningkatan metabolisme ini sangat penting untuk kalian yang sedang menjalani program diet yang ketat. Karena peningkatan metabolisme berarti peningkatan sistem pencernaan. Dietmu akan terasa lebih mudah apabila pencernaanmu berlangsung lebih cepat. Meminum air putih segera setelah bangun tidur akan membersihkan ususmu sehingga bisa leih mudah menyerap nutrisi.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Sehat

Seperti yang tadi kita sudah bahas, ketika kamu minum air putih dalam keaadaan perut kosong di pagi hari, air tersebut akan membantu pelepasan dan pembuangan racun-racun tubuh, sehingga meningkatkan sistem pencernaanmu. Akibatnya, rasa laparmu akan semakin berkurang, permintaan tubuhmu akan makanan juga akan berkurang.


4. Mengurangi Rasa Mulas (Sakit Perut) dan Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan biasanya disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Penderita umumnya mulai merasakan mulas atau sakit perut saat asam mulai naik ke kerongkongan. Ketika kamu minum air putih dalam keaadan perut kosong, asam ini akan didorong ke bawah dan dinetralkan.

5. Meremajakan dan Mencerahkan Kulit

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dan menyebabkan kerutan-kerutan penuaan dini dan pori-pori yang membesar. Sebuah penelitian pernah menemukan bahwa kebiasaan meminum 500ml air putih setiap pagi saat perut kosong bisa meingkatkan aliran darah pada kulit dan membuat kulit lebih bercahaya. Minum lebih banyak air putih sepanjang hari juga akan menyebabkan tubuhmu membuang lebih banyak racun sehingga kulitmu akan semakin cerah.


6. Menjadikan Rambut Lebih Sehat, Lembut dan Berkilau.

Dehidrasi juga bisa memberikan dampak serius pada pertumbuhan rambutmu. Minum air putih yang banyak akan membantu menutrisi rambutmu dari dalam karena hampir 1/4 dari massa rambut adalah air. Kekurangan asupan air akan menyebabkan rambutmu kusam dan kekurangan nutrisi. Dengan minum air putih pada saat perut kosong di pagi hari kamu akan membantu meningkatkan kesehatan dan kualitas rambutmu,

7. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kantung Kemih

Meminum air putih segera setelah bangun tidur sangat penting untuk mencegah terbentuknya batu ginjal dan infeksi pada kantung kemih. Seperti yang sudah kamu baca di poin-poin sebelumnya, minum air putih saat perut kosong mampu menetralisi asam yang biasanya merupakan penyebab dari batu ginjal. Semakin banyak kamu minum (pada batas wajar), maka kamu semakin terlindungi dari berbagai macam infeksi kantung kemih.

8. Meningkatkan Sistem Imunitas (Ketahanan) Tubuh

Ini merupakan salah satu poin penting dari manfaat minum air putih pada saat perut kosong, karena dengan menetralisir asam dan mengeluarkan racun, tubuh menyeimbangkan sistem limpa, yang berarti meningkatkan imunitas. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan menjagamu dari berbagai serangan penyakit sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.


Baca juga > Apakah Kamu Seorang Pria Sejati?

Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong

Phew! Panjang yah...
Namun poin-poin di atas merupakan poin-poin penting dari manfaat minum air putih segera setelah bangun tidur dan manfaat tersebut sangat baik untuk tubuh kita. Aku rasa semua manfaat tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah, hanya dengan melakukan perubahan kecil pada gaya hidup kita. Aku sendiri sudah berkomitmen untuk melakukannya. Bagaimana denganmu?


EmoticonEmoticon