Senin, 07 November 2016

KODAK EKTRA: Smartphone Android dengan Kamera Rasa DSLR

Kodak Ektra - Masih ingat dengan nama brand yang satu ini? Berarti kamu sudah ‘cukup’ tua. Hehe. 
 
Kodak Ektra smartphone rasa DSLR

Beberapa dekade sebelumnya, saat kamera belum mengalami peningkatan teknologi secanggih saat ini, kita masih akrab dengan penggunaan ‘film’ atau ‘rol film’ untuk mengambil foto. Saat itu belum ada media digital yang bisa menyimpan data hasil jepretan kamera seperti sekarang. Kamera atau tustel saat itu menggunakan rol film sebagai media fotografi.


Setiap jepretan akan langsung tersimpan pada lembaran film yang biasa disebut ‘negatif’. Jadi setiap jepretan akan langsung menghabiskan satu frame, sementara dalam sebuah rol film biasanya hanya berisi 36 frame. Inilah sebabnya orang-orang tempo doeloe lebih menghargai setiap jepretannya, karena tidak bisa di delete ataupun di-edit lagi, fotografi pun menjadi lebih menantang.

Kodak Ektra smartphone rasa DSLR

Saat teknologi digital muncul, produsen rol film terkena imbasnya. Dua brand yang sangat akrab pada waktu itu adalah Fuji Film dan Kodak. Meski sempat mengalami masa sulit, kedua brand ini tidak tumbang. Fuji Film kembali diperhitungkan lewat seri kamera mirrorless-nya (X-series), dan kini giliran Kodak yang menyasar segmen penikmat fotografi casual atau lite photography.



Mengambil foto dengan kamera DSLR tentu akan menghasilkan jepretan yang ciamik dan mentahan yang masih bisa diolah lebih lagi lewat aplikasi post processing. Namun, di sisi lain kamera DSLR cenderung memakan lebih banyak tempat, lebih berat, lebih repot, belum lagi untuk pengoperasiannya membutuhkan keterampilan tersendiri dan tentunya faktor harga juga sangat mempengaruhi.


Belakangan ini fotografi ponsel kembali mencuat, bisa dibilang media sosial cukup berperan di sini. Instagram salah satunya, telah membuktikan bahwa media sosial bisa menjadi portofolio yang sangat berpotensi untuk fotografi. Di sinilah peran kamera ponsel sangat diperhitungkan. Meskipun tidak semaksimal kamera DSLR, tapi kamera ponsel unggul dalam keringkasan, kemudahan dalam pengoperasian dan terintegrasi langsung dengan operating system yang bisa langsung memposting hasil jepretan yang baru diambil atau mengolahnya terlebih dahulu dengan aplikasi post processing yang tidak kalah mumpuni dibanding aplikasi berbasis komputer.

Kodak Ektra smartphone rasa DSLR

Kodak Ektra mengambil posisi tawarnya pada segmen ini. Tidak tanggung-tanggun, sebuah kamera 21 mega-pixel dengan sensor fokus cepat dan bukaan f/2.0 menjadi senjata utamanya. Tidak ada salahnya juga untuk mengawinkannya dengan kamera depan 13 mega-pixel, Phase Detection Auto Focus (PDAF) dengan bukaan f/2.2 yang pastinya akan mencuri perhatian penggila selfie.


Aplikasi kamera bawaannya merupakan aplikasi yang dirancang khusus menggunakan fitur-fitur eksklusif yang canggih seperti SLR-style Scene Selection Dial, yang memungkin opsi-opsi pengaturan diatur dan ditinjau secara real time. Pilihan tersebut bervariasi mulai dari mode HDR, Landscape, Portrait, Macro, Sport, Night-time, Panorama, Bokeh, dan tentunya fitur Smart-Auto untuk kamu yang nggak mau repot-repot mengatur setting-an kamera terus-menerus.

Kodak Ektra smartphone rasa DSLR

Selayaknya kamera SLR, pada mode Manual, pengguna yang lebih berpengalaman dapat mengatur exposure, ISO, manual focus, white ballance dan shutter speed. Setiap perubahan tersebut juga bisa langsung ditinjau dari layar Kodak Ektra.


Smartphone Kodak Ektra ini juga memiliki tombol shutter fisik yang didedikasikan khusus untuk pengalaman mengambil foto terbaik. Tombol ini posisinya sangat ergonomis, di bagian sebelah kanan atas (saat ponsel berada pada posisi horisontal), lekukan body Kodak Ektra pada bagian tepi kanan agak membulat seperti handle yang lazim kita temui pada kamera SLR umumnya. Tidak hanya lekukannya, tapi material yang membalutnya juga terbuat dari kulit, persis seperti yang ada di kamera SLR lainnya. Komposisi handle dan tombol shutter ini bisa dipastikan akan menghadirkan pengalaman mengambil foto yang menyenangkan, kamera ponsel rasa DSLR.

Kodak Ektra smartphone rasa DSLR

Kodak tidak hanya memperlengkapi smartphone Ektra dengan hardware, mereka juga memperlengkapinya dengan aplikasi ikonik Super 8 dengan semua filter-filter dan efek grain profesional khas Super 8. Pengguna bisa merekam video dengan resolusi 4K sambil bereksperimen dengan efek grain dan vignette ala Super 8.


Wait!
Tapi, Kodak Ektra tetaplah sebuah ponsel, bukan?
Ya, karena itulah Kodak Ektra juga dipersenjatai dengan prosesor tangguh, HELIO X20 Decacore (10 core), 3 GB RAM, 32 GB Memory (tersedia slot MicroSD), layar IPS 5” dengan resolusi Full HD 1080p (kerapatan 441 ppi), layar dan kamera dilindungi dengan Corning Gorilla Glass, dan sistem operasi Android Marshmallow terbaru. Jadi, untuk harga sekitar Rp. 7 jutaan, para pengguna juga tetap akan mendapatkan ponsel dengan kelas high-end untuk keperluan sehari-harinya.
Sounds like a good deal, huh?

Kodak Ektra smartphone rasa DSLR

Kodak Ektra sudah rilis sejak bulan lalu, namun tanggapan pasar tampaknya tidak terlalu antusias. Ponsel dengan kamera besar bukanlah produk yang baru, Nokia dan Samsung sudah pernah melakukannya beberapa tahun lalu; tidak berakhir seperti yang diharapkan. Apakah Kodak Ektra akan berhasil memulai era baru smartphone rasa kamera DSLR? Bagaimana menurut kalian guys?



EmoticonEmoticon