Kamis, 28 Juli 2016

Mi Notebook Air, Pembunuh Apple MacBook Air dari Xiaomi!

Xiaomi baru saja merilis produk laptop pertamanya, Mi Notebook Air. Seperti yang selama ini kita ketahui, Xiaomi sangat berorientasi untuk menyaingi produk-produk Apple. Maka tidak heran bila orang-orang pasti akan membandingkan bentuk Mi Notebook Air ini dengan MacBook Air milik Apple, karena keduanya memang sangat mirip. Meski begitu, tentu saja Mi Notebook Air lebih terjangkau. Berikut ini JurnalCowok.com akan mengulas beberapa informasi tentang Mi Notebok Air yang baru saja dirilis.

Harga dan Spesifikasi Mi Notebook Air


Dua pilihan ukuran: 12.5 inch & 13.3 inch

Mi Notebook Air tersedia dalam dua model pilihan berdasarkan ukuran diagonal layarnya. Yang paling kecil adalah 12.5 inch, desainnya lebih tipis bila dibandingkan dengan MacBook Air 11 inch, meski sedikit lebih berat. Xiaomi membandingkan Mi Notebook Air 12.5 inch ini dengan majalah. Begitu ringan dan tipis, sehingga kamu bisa membawanya kemana-mana dengan mundah dan ringkas. Mi Notebook Air 12.5 ditujukan untuk para pengguna casual yang memiliki gaya hidup dengan mobilitas yang tinggi.

Harga dan Spesifikasi Mi Notebook Air
Ringan dan tipis seperti majalah

Sementara varian yang lebih besar dengan ukuran layar 13.3 inch mengalahkan MacBook Air 13 inch dari segi desain yang lebih tipis, lebih ringan dan lebih compact. Mi Notebook Air 13.3 ini bahkan jauh lebih gahar dan bertenaga dibandingkan MacBook Air 13, pasalnya Mi Notebook Air 13.3 ini dipersenjatai dengan dedicated GPU dari Nvidia 940 GMX 1GB GDDR5!! What the...!!?

Harga dan Spesifikasi Mi Notebook Air
Mi Notebook Air berani berhadapan langsung dengan MacBook Air

Jadi sudah jelas bila kedua varian ini ditujukan pada pangsa pasar yang berbeda. Mi Notebook Air 12.5 ditujukan ke pengguna kasual yang membutuhkan sebuah laptop untuk pemakaian sehari-hari seperti browsing, musik, aplikasi kantoran dan game ringan. Sementara Mi Notebook Air 13.3 diperuntukkan untuk mereka yang membutuhkan performa lebih untuk desain grafis, video editing atau game berat.

Harga dan Spesifikasi Mi Notebook Air
Mi Notebook Air bersaing dengan MacBook Air dari segi desain dan spesifikasi

Keduanya menggunakan Layar Full HD

Mi Notebook 12.5 dan 13.3 sama-sama menggunakan layar full HD (resolusi 1920 x 1080 pixels). Pada Mi Notebook Air 13.3 ukuran kerapatan pixelnya berada pada 165 ppi, sementara Mi Notebook Air 12.5 memiliki density yang lebih tinggi karena ukuran layarnya yang lebih kecil, yaitu 176 ppi. Bila dibandingkan dengan Apple MacBook, baik pada varian 13 inchi dan 11 inchi, lagi-lagi Mi Notebook Air mengungguli Apple MacBook Air!

Harga Mi Notebook Air lebih murah dari MacBook Air! Mulai US$ 520

Seperti biasa, salah satu keunggulan utama Xiaomi dalam merebut pasar adalah dengan harga jualnya yang sangat kompetitif, bahkan jauh lebih murah bila dibandingkan produk serupa dengan spesifikasi yang sama.
Begitu juga dengan laptop pertama buatan Xiaomi ini, Mi Notebook Air. Varian 12.5 inch akan dilepas dengan harga USD 520, sementara varian 13.3 inch dipatok pada harga USD 750.

Fantastis! Mi Notebook Air telah menyatakan perang dengan spesifikasi yang yang lebih tinggi dari MacBook Air, namun dipasarkan dengan harga yang hanya sekitas dua pertiga dari harga produk besutan Apple itu. Belum ada kabar lebih lanjut tentang rencana pemasaran ke luar China, namun seperti yang sudah-sudah, para distributor-distributor akan tetap bersaing untuk mengimpor Mi Notebook Air ke Indonesia.

Spesifikasi Mi Notebook Air 13,3 inch

Varian tertinggi dari seri Mi Notebook Air ini dibekali dengan processor Intel Core i5-6200U (6th Gen) yang Clock-nya bisa dipacu hingga 2,7 GHz! Pada lini grafis Xiaomi tidak main-main, sebuah GPU Nvidia GeForce 940MX menjadi senjata andalannya, GPU ini diperlengkapi dengan 1 GB dedicated GDDR5! Sudah dipastikan bisa melibas semua game-game terbaru, rata kanan! Tidak lupa dilengkapi dengan RAM DDR4 8 GB, 2133MHz, makin gahar!

Harga dan Spesifikasi Mi Notebook Air
Xiaomi nggak main-main dengan spesifikasi Mi Notebook Air 13.3, GDDR5 cuy!
 
Dan, oh ya, Mi Notebook Air 13.3 menggunakan storage 256GB SSD PCI-ex, bukan SATA! Kamu pasti sudah tahu kalau SSD SATA itu sangat cepat, sekitar 5x lipat lebih cepat dari HDD biasa. Nah, di sini Mi Notebook menggunakan SSD PCIe, yang 15x lebih cepat! Bahkan Xiaomi menyediakan satu slot tambahan lagi bila kamu masih ingin menambah kapasitas penyimpananmu! Cakep!

Xiaomi juga memperlengkapi Mi Notebook Air 13.3 dengan baterai yang bisa dipakai hingga 9,5 jam! Tidak hanya itu, Mi Notebook ini telah mengadopsi teknologi terbaru dari USB Type-C, dengan menggunakan port USB Type-C, kamu bisa mengisi ulang baterai Mi Notebook ini hingga 50% hanya dalam 30 menit saja! Buat kamu yang senang mendengarkan musik atau menonton dari laptop, kamu akan dimanjakan dengan speaker ganda dari AKG. Selebihnya, Mi Notebook ini juga diperlengkapi dengan backlit keyboard, dua port USB 3.0, HDMI dan sebuah webcam 1 MP. Beratnya hanya 1,28 kg.

Spesifikasi Mi Notebook Air 12,5 inch

Varian yang lebih kecil ini ditujukan untuk penggunaan sehari-hari, dan penunjang aktivitas yang menuntut mobilitas tinggi. Oleh karenanya spesifikasinya lebih rendah. Mi Notebook Air 12.5 inch mempercayakan dapur pacunya pada processor Intel Core M3 yang terkenal efisien dalam penggunaan daya, tanpa kehadiran dedicated GPU. Dilengkapi dengan spesifikasi standar untuk kebutuhan sehari-hari, 4 GB RAM + 128 GB SATA SSD, disediakan juga slot untuk ekspansi SSD. Pada varian ini hanya terdapat satu port USB 3.0, HDMI, dan speaker custom dari AKG dengn Dolby Surround. Dengan spesifikasi yang lebih kalem ini, penggunaan baterainya lebih awet, bisa sampai 11,5 jam. Beratnya hanya 1,07kg!

Harga dan Spesifikasi Mi Notebook Air
Mi Notebook Air bisa di Unlock menggunakan Mi Band 2, seperti pada Mi Devices lainnya

Fitur tambahan: Bisa di Unlock dengan Mi Band 2

Mi Notebook Air 12.5 dan 13.3 hanya tersedia dalam dua varian warna, silver dan gold. Keduanya dibalut dengan desain full-metal body yang elegan dan mewah, mirip dengan MacBook Air buatan Apple, namun tanpa embel-embel logo apapun!

Selain itu, Mi Notebook Air juga sudah mendukung Bluetooth 4.1, yang canggih dan efisien. Bila kamu memiliki Mi Band 2, si gelang pintar dari Xiaomi, kamu juga bisa menggunakannya untuk meng-unlock Mi Notebook seperti kamu meng-unlock Mi Device lainnya. Seperti produk-produk Apple yang saling terintegrasi dengan iCloud, semua produk-produk Xiaomi juga demikian. Kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama dari Mi Cloud Sync, dan mengintegrasikan seluruh Mi Device kamu, baik Mi Phone, Mi Pad dan Mi Notebook Air! 

Harga dan Spesifikasi Mi Notebook Air
Apple punya iCloud, Xiaomi punya MiCloud

Kesimpulan

Fantastis! Xiaomi benar-benar serius mengukuhkan dirinya sebagai Apple Killer. Xiaomi merupakan perusahaan baru yang diawal kemunculannya banyak diremehkan orang-orang, termasuk aku sendiri. Memang sulit untuk mengubah stigma tentang produk China = produk haw-haw. Namun setelah aku mencoba beberapa produk Xiaomi, stigma itu mulai hilang. Justru aku baru menyadari bahwa Xiaomi bisa saja berhasil menjadi raksasa teknologi baru. Mi Notebook Air ini adalah produk laptop pertama dari Xiaomi. Jujur, aku tidak sabar untuk memilikinya! Bagaimana dengan kamu?


EmoticonEmoticon