Minggu, 19 Juni 2016

Handmade Woodcraft, Karya Anak Bangsa yang Bikin Kamu Tambah Keren

Handmade Woodcraft, Kerajinan Kayu, Kacamata kayu

Siapa yang tidak suka melihat produk-produk kerajinan kayu? Keindahan dan estetikanya yang mewah selalu sukses menawan hati siapapun yang memandangnya. Tidak terkecuali kita, para anak muda masa kini, generasi Millenials.

Memakai produk-produk kerajinan kayu hasil buatan tangan (atau sering disebut handmade) memang memiliki gengsi tersendiri. Selain karena langsung dibuat oleh para seniman sekaligus pengrajin kayu yang profesional, setiap unit produk ini adalah sebuah maha karya yang unik dan tidak ada duanya. Bahkan, banyak vendor yang juga menawarkan produk yang customizable, dibuat benar-benar seperti permintaan si pembelinya.

Pada kesempatan ini, JurnalCowok.com akan mengulas beberapa produk-produk kerajinan kayu yang ramai digandrungi generasi muda.

Handmade Woodcraft, Kerajinan Kayu, Kacamata kayu

1. Kacamata

Berbicara tentang kacamata, tidak selalu harus dikaitkan dengan masalah penglihatan. Memang pada dasarnya kacamata dibuat untuk membantu mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Namun, kini kacamata telah menjelma menjadi salah satu asesoris fashion yang paling diminati. Baik oleh laki-laki maupun perempuan, tua atau muda, kacamata telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang.

Peran kacamata sebagai asesoris fashion ini telah membawa kacamata ke tingkat yang lebih tinggi. Beragam merk, gaya dan desain kacamata telah membuktikan bahwa kacamata memiliki peranan penting bagi penampilan seseorang. Kacamata kayu telah membawa angin baru pada tren kacamata. Meski secara fisik bentuknya tidak berbeda jauh dengan kacamata yang terbuat dari plastik dan logam, namun tekstur kayunya yang khas membawa karakter yang berbeda dari kacamata lainnya. Penambahan ukiran-ukiran pada gagang maupun bingkai lensa bisa menambah keunikan dan menggambarkan kepribadian pemakainya.
Saat ini di Indonesia telah banyak pengrajin yang menjual kacamata kayu, baik itu kacamata hitam atau kacamata biasa dengan lensa untuk membantu penglihatan. Beberapa vendor terkenal di Indonesia yang menjual kacamata kayu adalah Kallestory, BorneoEyewear dan Rewood.

Handmade Woodcraft, Kerajinan Kayu, Kacamata kayu

2. Jam Tangan

Sama seperti kacamata kayu, asesoris fashion yang satu ini juga sedang ramai di kalangan anak-anak muda. Bila kita melihat jauh ke belakang, jam tangan (sering juga disebut arloji) memang sejak dulu dikenal sebagai asesoris yang memberikan prestige tersendiri bagi pemakainya. Selain merk, material yang dipakai membuat jam tangan tersebut juga mempengaruhi nilai dari jam tangan itu.
Jam tangan kayu hadir sebagai sebuah inovasi yang dengan segera mencuri hati para pecinta fashion yang selalu mengidamkan produk-produk yang unik dan prestisius. Namun jangan terlalu cepat pesimis, meski menghadirkan kesan premium dan mewah, jam tangan kayu ini masih dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Di Indonesia sendiri, ada sebuah brand asal Bandung yang telah membawa produk jam tangan kayunya sampai ke kancah internasional, brand itu adalah Matoa. Selain brand tersebut, ada beberapa brand lokal lain yang juga nggak kalah keren dan bersaing dari segi kualitas dan harga yang ciamik. Di antaranya adalah Hand2craft dan, NRBowties check it out guys!

Handmade Woodcraft, Kerajinan Kayu, Kacamata kayu

3. Casing Smartphone/Gadget

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, kini alat telekomunikasi seperti smartphone dan gadget lainnya telah merambah ke arah fashion. Smartphone bukan lagi sekedar alat komunikasi, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup kebanyakan orang, terutama generasi Millenial.

Meskipun para vendor-vendor smartphone telah mendesain gadget-gadget itu seindah mungkin, namun tetap saja orang-orang ingin mendadani smartphone mereka. Mulai dari alasan personalisasi hingga proteksi, kebanyakan orang menggunakan casing tambahan untuk ponsel kesayangan mereka.
Sejak awal kemunculannya, casing kayu langsung mendapat sambutan yang hangat dari para pecinta smartphone. Karena seperti kebanyakan produk kerajinan kayu lainnya, casing kayu sangat unik dan sangat personal. Serat-serat dari urat kayu yang khas membawa kesan dan karakter yang berbeda pada setiap casing kayu. Selain itu, casing kayu juga sangat memungkinkan untuk dikustomisasi, mulai dari tingkat kehangatan warna kayu hingga detil ukirannya, semua bisa dipesan secara khusus.

Beberapa pengrajin casing kayu yang patut untuk kamu intip koleksinya adalah BatikGeek dan MissWood. Selain casing kayu untuk smartphone, mereka juga menyediakan casing kayu untuk tablet bahkan macbook! So, jangan ketinggalan, guys!

Handmade Woodcraft, Kerajinan Kayu, Kacamata kayu

4. Speaker

Yes! Kita nggak salah ketik, guys. Speaker.
Buat kamu yang hobby dengerin musik tapi nggak begitu familiar bahwa material kayu adalah salah satu komponen penghantar suara dengan kualitas akustik terbaik yang pernah ada, kamu harus coba yang satu ini!

Selain bentuknya yang unik dan membawa prestise tersendiri bagi pemiliknya, kualitas suaranya juga jempolan. Padahal, speaker kayu ini tidak menggunakan komponen dan daya listrik sama sekali loh! Kamu bisa membawa dan menggunakannya di manapun! Kaget dan nggak percaya? Silahkan kamu buktikan sendiri, sob!

Kunjungi pengrajin asal Bali, AiseIndie Furniture dan Ruaya, pengrajin kayu dari Yogyakarta. Semuanya Indonesia banget, bikin kamu makin bangga sama produk-produk karya anak bangsa!

Handmade Woodcraft, Kerajinan Kayu, Kacamata kayu

4. Notes/Jurnal Pribadi

Nah, pasti nggak nyangka yang satu ini kan?
Kayu itu tidak terbatas hanya untuk asesoris fashion atau furniture saja, cuy! Kreatifitas para seniman kontemporer menunjukkan bahwa saat ini, apa saja bisa dilakukan, asal ada niat!

Buat kamu yang suka menulis, ini patut masuk ke wishlist kamu! Bayangkan bangganya menenteng notes seperti ini saat ngampus, atau meletakkannya di meja saat nongkrong di cafe bersama teman atau rekan kerja. Benar-benar pengalaman yang akan membuat kamu menjadi pusat perhatian bukan?

Tertarik? Coba kamu kunjungi MTNotes, mereka punya banyak koleksi notes kayu yang unik dan spesial. Aku yakin, dengan menenteng notes kayu yang mewah dan bernuansa klasik ini, kamu pasti akan lebih semangat menulis dan lebih produktif!

Handmade Woodcraft, Kerajinan Kayu, Kacamata kayu

5. Lampu Hias

Sejak dulu kita sudah tahu, perabot-perabot dengan material dan ornamen kayu selalu membawa nuansa yang lebih nyaman dan elegan pada interior rumah. Kali ini bukan hanya sekedar perabot, tetapi juga lighting atau pencahayaan.

Berbeda dengan lampu biasa yang memang ditujukan untuk penerangan secara general, lampu hias dari kayu ini memiliki tujuan yang lebih spesifik. Lampu hias membawa kehangatan dan karakter yang manis bahkan cenderung romantis sehingga menciptakan sweet spot pada setiap area yang dinaunginya.

Di Indonesia ada beberapa brand lokal terkenal seperti WiduksakaWoodmate, architivewood dan Alsyafir yang menjual lampu hias handmade ini. Semua vendor ini menggunakan material yang berkualitas, dikerjakan oleh tangan-tangan yang ahli sehingga menghasilkan karya yang artistik dan berkarakter. Now you can make your own sweet spot!

Handmade Woodcraft, Kerajinan Kayu, Kacamata kayu

6. Tas/Koper

Kamu seorang traveler? Mau pengalaman traveling-mu lebih anti-mainstream? Kamu bisa mencoba tas atau koper kayu yang unik dan klasik ini.

Penggunaan bahan kayu untuk sebuah tas memang sangat jarang, karena itu tas ini memang diperuntukkan untuk mereka yang memiliki selera tinggi. Intip saja brand Sanoesa, mereka membuat tas kayu dari bahahan kayu jati utuh yang dibentuk tanpa sambungan sama sekali! Benar-benar sebuah mahakarya yang sangat eksklusif dan prestisius!

Selain Sanoesa, ada juga ZaynWood and Leather, brand lokal asal Jakarta yang memproduksi premium clutch kayu asli dengan sentuhan ornamen kulit yang mewah dan elegan. Sangat cocok untuk acara formal atau hangout dengan teman dan kolegamu!

Handmade Woodcraft, Kerajinan Kayu, Kacamata kayu

7. Pajangan/ Dekorasi

Selain berbagai produk fashion, kayu juga masih menjadi idola untuk mempercantik dekorasi interior rumah. Ada banyak brand-brand lokal yang menawarkan berbagai dekorasi dari bahan kayu.

Untuk kamu yang menyukai dekorasi dengan tulisan-tulisan inspiratif seperti yang banyak dipajang di cafe-cafe tongkrongan kamu, bisa intip koleksinya POPLIVING. Kalau kamu lebih menyukai dekorasi kayu dengan aura khas etnik dan tribal, kamu bisa cek koleksi dari NativeBorneo dan Anawoods.
That’s all folks!
Itulah beberapa produk kerajinan kayu yang dibuat langsung oleh tangan-tangan anak bangsa yang kreatif. Produk handmade ini mampu menghadirkan kebanggaan tersendiri, dari material kayunya hingga detil-detilnya yang artistik dan tiada duanya. Mari mulai mendukung brand-brand lokal di Indonesia, karena produk-produk kita memang punya kualitas yang patut dibanggakan. Buktikan kalau kamu cinta Indonesia!

Stay sharp, stay humble dan jangan lupa bahagia!
Adios!


EmoticonEmoticon