Selasa, 28 Juni 2016

Cara Melakukan Power Nap, Tidur Siang Yang Berkualitas

Cara Melakukan Power Nap, Tidur Siang Yang Berkualitas

Hey guys, what’s up?
Kemarin kita udah bahas soal penelitian-peneltian dari para ahli yang membuktikan bahwa tidur siang itu mampu me-refresh memory otak dan meningkatkan kemampuan kreativitas otak.

Tapi ternyata tidur siang yang dimaksud bukanlah sembarang tidur siang. Tidur siang ini biasanya singkat namun berkualitas, sehingga sering disebut Power Nap. Ada teknik-teknik dan acuan yang harus kamu ikuti bila kamu ingin melakukan Power Nap dengan benar, karena bila tidak yang ada justru kamu akan pusing atau sakit kepala saat bangun. Bukannya me-refresh otak, tapi malah mengganggu aktivitasmu!

Berikut ini kita akan bahas langkah-langkah untuk melakukan Power Nap atau Tidur Siang Berkualitas dengan benar:

Cara Melakukan Power Nap, Tidur Siang Yang Berkualitas

1. Cari lokasi yang bagus untuk tidur siang

Lokasi, lokasi dan lokasi.
Langkah paling pertama adalah menemukan lokasi yang tepat agar kamu bisa melancarkan jurus Power Nap ini tanpa terganggu ataupun mengganggu orang lain.

Bila kamu adalah seorang pekerja kantoran, kamu bisa melakukannya di meja kerjamu, menyiapkan bantal kecil bisa menjadi senjata rahasiamu. Beberapa kantor-kantor keren seperti Google, Facebook bahkan Kaskus justru menyediakan tempat khusus seperti hammock atau kapsul tidur untuk para karyawannya. Karena seperti yang kita sudah pelajari di artikel sebelumnya, tidur siang (power nap) bisa meningkatkan kreativitas.

Bila kamu sedang di perjalanan, carilah rest area yang aman untuk parkir, jangan nekat parkir di bahu jalan. Parkirlah di tempat yang cukup terang dan cukup banyak orang, kunci semua pintu, dan pasang rem tangan, Bila tidak menggunakan AC, kamu bisa buka sedikit kaca jendela.

Bila kamu seorang mahasiswa, kamu bisa pertimbangkan perpustakaan sebagai salah satu tempat yang cocok untuk tidur siang singkat. Karena biasanya perpustakaann adalah tempat yang tidak berisik dan cukup sepi.

Cara Melakukan Power Nap, Tidur Siang Yang Berkualitas

2. Pilihlah ruangan yang gelap.

Ruangan yang gelap akan membuat matamu lebih rileks dan memudahkan kamu untuk cepat tertidur. Bila kamu tidak bisa menemukan ruangan yang gelap, kamu bisa menggunakan masker mata untuk tidur atau menutupi mata dengan topi atau jaketmu.

3. Bila perlu, putar musik relaksasi.

Dengan musik relaksasi, kamu akan lebih cepat tertidur. Tapi bagi beberapa orang musik justru mengalihkan perhatian dan membuat sulit tidur, kamu bisa mencoba white noise, yaitu suara yang statis (datar). Kamu bisa mendapatkan white noise dari radio, putar salurannya ke saluran yang kosong, sehingga hanya ada suara statis, kecilkan volumenya sampai hanya sayup-sayup.

4. Tentukan berapa lama kamu ingin tidur siang.

Ini hal yang cukup krusial dalam power nap, karena pada umumnya power nap hanya dilakukan dalam rentang waktu 10 menit hingga 30 menit saja. Meskipun ada perbedaan kualitas pada tidur yang singkat dan yang panjang, namun kamu harus menentukan waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Cara Melakukan Power Nap, Tidur Siang Yang Berkualitas

2 – 5 menit.
Bila kamu tidak punya waktu untuk istirahat, namun sangat lelah dan mengantuk, tidur selama 2 – 5 menit saja bisa sangat membantu. Tidur siang yang sangat singkat ini juga sering disebut “nano-nap”, tidak mudah dipelajari namun sangat powerful.

5 – 15 menit.
Tidur dalam rentang waktu 5 sampai 15 menit cukup efektif meningkatkan stamina, kewaspadaan dan kemampuan motorik. Tidur ini juga dikenal sebagai “mini-naps”.

20 menit.
Inilah tidur siang yang kebanyakan disebut orang sebagai “power nap”, karena tidur siang dengan rentang waktu seperti ini memberikan benefit yang paling maksimal dari sebuah tidur siang singkat. Karena dengan power nap, otak memiliki cukup waktu untuk melakukan refresh memory dan meningkatkan sinyal-sinyal pada saraf otak sehingga otak menjadi lebih responsif.

Cara Melakukan Power Nap, Tidur Siang Yang Berkualitas

WARNING!
Apabila kamu tidur lebih dari 30 menit, tubuh akan mengira kamu siap untuk memasuki siklus tidur penuh (seperti tidur malam), sehingga apa bila kamu bangun dari tidur siang yang lebih dari 30 menit, kamu akan terkena “sleep inertia”, di mana kamu akan merasa kepalamu berat, pusing dan justru lebih mengantuk dibanding sebelum tidur.

6. Pasang Alarm sebelum tidur siang.

Setelah kamu memutuskan waktu tidur singkatmu, pasang alarm agar kamu tidak kebablasan. Perhatikan, saat memasang alarm, perhitungkan berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk tertidur. Bila kamu ingin tidur 20 menit, dan biasanya kamu butuh waktu 5 menit untuk tertidur, pasang alarm untuk 25 menit ke depan.

Bila kamu menggunakan ponsel sebagai alarm, pasang mode pesawat, agar kamu tidak terganggu dengan suara-suara notifikasi dari ponselmu.

Cara Melakukan Power Nap, Tidur Siang Yang Berkualitas

7. Minum caffeine sesaat sebelum tidur siang (opsional)

Mungkin terdengar berlawanan, tapi sesungguhnya ini adalah sebuah trik yang sudah banyak digunakan oleh professional nappers (haha, tidur siang saja sampai ke level pro!).
FYI, caffeine memerlukan waktu untuk diserap oleh tubuh, pada umumnya antara 30 – 45 menit. Jadi bila kamu meminum caffeine sesaat sebelum tidur siang, bisa membantumu untuk mengusir rasa ngantuk saat baru bangun dari tidur siangmu.

Untuk kamu, para Power Nappers pemula.
Bila kamu belum terbiasa melakukan tidur siang, kamu bisa ikuti terlebih dahulu langkah-langkah di atas. Apabila kamu masih kesulitan untuk tertidur, mungkin karena pikiran atau memang tubuhmu belum terbiasa, tetaplah tutup matamu. Fokuskan pikiran dan perhatianmu pada nafasmu saja. Meskipun sampai waktu yang tentukan kamu tidak juga tertidur, itu saja sudah membantu, karena yang kamu lakukan barusan kurang lebih sama dengan bermeditasi. Sedikit banyak kamu akan merasa di-refresh juga. Seiring waktu, tubuhmu akan mengenal pola ini dan membuatmu lebih mudah tertidur.
Kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi-aplikasi smartphone yang membantu proses Power Napping. Cari saja di App Store atau Play Store, mulai dari yang gratis hingga berbayar juga ada.

Intinya dengan memahami tujuan dan benefit dari tindakan yang ingin kamu lakukan akan terbentuk sebuah motivasi intrinsik yang menjadi drive atau penggerak di dalam dirimu untuk mencapai tujuan tersebut.


Power Nap adalah sebuah seni tidur siang yang cukup tua dan telah dilakukan oleh orang-orang jenius seperti Leonardo da Vinci, Albert Einstein dan Thomas A. Edison. Dengan cukup latihan kamu juga pasti bisa jadi Proffesional Nappers!

That’s all folks!
Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel ini, sampai ketemu lagi di artikel-artikel lainnya yang nggak kalah gokil dari yang satu ini.
Stay sharp, stay humble dan jangan lupa Tidur Siang!!!
Adios!


EmoticonEmoticon