Senin, 09 Mei 2016

15 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Semakin Hari Semakin Cerdas - Part II (Final)

15 Kebiasaan Cerdas
Hey guys, jumpa lagi dengan JurnalCowok.com, kita akan melanjutkan tips super dari artikel sebelumnya, 15 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Semakin Hari Semakin Cerdas Part I. Bagian ini akan lebih menarik lagi, jadi siapkan mentalmu dan lanjutkan pembahasan kita. Let's rock!

15 Kebiasaan Cerdas

8. Lebih baik membaca sebuah cerita dari buku dari pada menontonnya (TV)

Sama seperti main game di atas, membaca buku juga merupakan kegiatan aktif untuk otak. Karena membaca itu berbeda dari menonton, dengan menonton kita sudah disuguhi visualisasi dari cerita yang ditayangkan, namun dengan membaca otak kita dipaksa untuk secara aktif merekonstruksi citra imajiner dari apa yang kita baca.

15 Kebiasaan Cerdas

10. Lakukan programming ‘sekelak’

Yikes! Oke, oke jangan kabur dulu. Kita juga tahu programming itu tidak mudah dan cenderung menakutkan bagi beberapa orang yang phobia melihat lautan kode-kode bahasa pemrograman. Tapi sesungguhnya, programming atau istilah kerennya, coding, adalah cara yang luar biasa untuk mengasah otak kita berpikir secara logis dan berpola.
Saranku, cobalah googling tentang Codeacademy, sebuah website gratis yang membantu kita mempelajari coding dengan cara yang yang asyik dan menyenangkan, seperti bermain game puzzle! Siapa tahu, dengan mengisi waktu luangmu bermain di Codeacademy, setahun yang akan datang kamu sudah bisa menyertakan kemampuan coding-mu sebagai salah satu skill penting di curriculum vitae-mu!

15 Kebiasaan Cerdas

11. Berolahraga ringan di sela-sela kegiatan

Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Tubuh dan pikiran kita terhubung dengan kuat, oleh karena itu kesehatan dan kebugaran tubuh juga mempengaruhi kinerja otak. Cukup naik-turun tangga saja beberapa kali atau berjalan kaki saat cari makan siang sudah memberi dampak yang baik. Usahakan untuk tidak duduk atau diam terlalu lama, berdirilah dan lakukan gerakan-gerakan peregangan pada pinggang, bahu dan tangan setiap satu atau dua jam. Ini akan menjaga peredaran darahmu tetap lancar sepanjang hari dan membantu membakar kalori berlebih.

15 Kebiasaan Cerdas

12. Bergaullah dengan orang yang lebih pintar darimu

Pada umumnya kebiasaan itu menular. Bukan rahasia lagi bahwa kita, sebagai mahkluk sosial adalah individu yang mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitar kita. Kebiasaan dan pola pikir orang-orang di sekitar pasti mempengaruhi kebiasaaan dan pola pikir kita juga. Jadi, bila kamu menempatkan dirimu di sekitar orang-orang yang lebih pintar dan lebih sukses darimu, kamu akan mendapat pengaruh yang baik dari mereka dan mudah-mudahan tertular kesuksesannya juga.

15 Kebiasaan Cerdas

13. Bicaralah dengan orang-orang yang tidak sependapat denganmu

Bukan mau nyari masalah bro, berdiskusi dengan mereka yang berbeda pandangan denganmu juga bisa membawa keuntungan padamu. Pertama, bisa memperkuat argumenmu dan mempertajam pola pikirmu tentang pendapat atau pandangan yang kamu yakini. Kedua, bisa menjadi pedoman koreksi bagimu, kamu bisa belajar memandang dari sudut pandang yang berbeda, sehingga juga bisa membuatmu mengenali kelemahan-kelemahan dari argumen atau pendapatmu. Ingat, tidak ada manusia yang sempurna.

15 Kebiasaan Cerdas

14. Kencan dengan alam

Bukan karena kamu jomblo atau kurang selingkuhan, tapi berjalan-jalan ke alam bebas juga punya banyak keuntungan yang positif untukmu:
  • Oksigen! Otak kita juga butuh oksigen, dan di alam bebas seperti hutan pinus atau kaki gunung kamu akan merasakan kesegaran yang merelaksasi otakmu.
  • Pikiranmu akan menjadi tenang dan nyaman saat dikelilingi banyak tanaman hijau
  • Mengunjungi alam dengan berjalan kaki juga akan memberi dampak yang baik bagi sirkulasi darahmu.
  • Menyelamatkanmu dari sindrom ‘kurang piknik’
Tidak perlu jauh-jauh naik gunung untuk ini bro! Carilah taman-taman yang ada di sekitarmu. Berjalan-jalanlah di sore hari setelah beraktivitas, cukup setengah jam saja, kamu pasti akan merasakan dampak yang baik. Plus, bisa jadi dapat gebetan baru! #cihuy!

15 Kebiasaan Cerdas

14. Bawalah buku catatan kecil (notepad)

Orang-orang cerdas seperti Leonardo Da Vinci selalu membawa buku catatan kecil kemanapun mereka pergi. Mereka menggunakannya untuk segera mencatatkan ide-ide yang muncul secara spontan, mencoret-coret, dan mencatat hal-hal baru yang mereka temui sepanjang hari untuk dipelajari lebih lanjut nantinya.

Baca juga > Job Hopping pada Millenials: Negatif atau Positif? 

Memang benar, di gadget kita tersedia aplikasi notepad, tapi aku lebih menyarankan kamu untuk benar-benar memiliki buku catatan sungguhan. Karena mencoret-coret secara langsung itu berbeda dari mengetik atau mencoret dengan stylus sekalipun. Ada sebuah stimulus yang muncul saat kita mencoret-coret langsung pada kertas, sebuah naluri kreatif yang berbeda dibanding dengan gadget. Buktikan sendiri!

15 Kebiasaan Cerdas

15. Luangkan waktu 10 menit sebelum tidur untuk merencanakan kegiatanmu besok

Ini adalah salah satu point penting dari tips ini. Dengan merencanakan jadwal kegiatanmu besok, kamu akan mengawali hari dengan rencana yang matang. Ini akan membuatmu bekerja atau beraktivitas lebih produktif. Banyak orang yang sibuk sepanjang hari, namun tidak benar-benar produktif. Ingat, kerja keras dikalahkan oleh kerja cerdas! Tweet this!

That’s all folks! Siapkah kamu untuk menjadi lebih cerdas setiap harinya? Semuanya kembali kepadamu. Aku yakin lebih dari setengah tips di atas sudah kamu ketahui sebelumnya, namun tidak kamu terapkan sepenuhnya. Banyak belajar, banyak lupa. Sedikit belajar, sedikit lupa. Tidak belajar, tidak akan lupa! Haha, sampai jumpa di artikel selanjutnya!
-Adios!


EmoticonEmoticon