Senin, 09 Mei 2016

15 Kebiasaan Kecil Yang Membuatmu Semakin Hari Semakin Cerdas - Part I

15 Kebiasaan Cerdas

Wow! Yang bener bro?
Iya, bro! Jurnal Cowok kali ini akan berbagi tips soal bagaimana membangun kebiasaan yang baik untuk membuat kamu semakin hari semakin cerdas. Tips ini berlaku untuk siapa saja, termasuk cewek. Tapi aku saranin untuk para cowok, malu dong kalau kamu hanya menang tampang doang, body atletis tapi otaknya nggak sexy. What? Yup, hampir semua model-model cewek di majalah pria itu memberi statement yang sama soal keseksian cowok di mata mereka. Mereka bilang, cowok sexy itu, harus cerdas!
Kamu mau tambah cerdas? Nggak perlu repot-repot pakai seragam sekolah atau mendaftar kuliah lagi. Ada cara yang lebih jantan untuk menjadi tambah cerdas setiap harinya. Inilah 15 kebiasaan kecil yang bisa membuat kamu semakin hari semakin cerdas. Here we go!

15 Kebiasaan Cerdas

1. Minum 2 gelas air saat bangun tidur.

Sepele kan? Seperti aku bilang tadi, hanya kebiasaan kecil. Nah terus apa hubungannya kecerdasan dengan minum air bro? Begini, kita tidur selama rata-rata 6-9 jam setiap malam dan selama itu tubuh kita tidak mendapat asupan air. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyaring sisa-sisa metabolisme (baca: sampah) dalam tubuh dan menyeimbangkan cairan tubuh. Dua gelas besar air cukup untuk menutupi defisit air yang terjadi pada tubuhmu saat tidur.
Penelitian pada anak-anak (Penelitian1, Penelitian2) telah membuktikan bahwa meminum lebih banyak air mampu meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas mental (proses kognitif).

Jadi pastikan kamu tidak memulai harimu dengan otak yang dehidrasi!

15 Kebiasaan Cerdas

2. Membaca intisari sebuah buku sambil sarapan

Membaca buku itu penting, orang bodoh juga tahu bahwa banyak membaca bisa membuatnya menjadi semakin pintar. TAPI, (oke, aku tahu tombol ‘shift’ ku masih bagus). Sekali lagi, TAPI, kita cenderung malas untuk membaca. Padahal membaca itu adalah menikmati hasil kerja keras orang lain, sudah ada orang yang melakukan penelitian bertahun-tahun dan studi mendalam lalu menuangkan semuanya dalam buku. Tugas kita hanya ‘mengkonsumsinya’ dan ‘Ta-da!’ kita menjadi lebih pintar dari sebelumnya. Aku yakin, kamu pun tahu hal ini, tapi tetap saja... Malas!

Nah, sesuai judul di atas, membaca sebuah buku secara utuh tentu saja butuh perjuangan, bukan sebuah kebiasan kecil tentunya. Tapi zaman sudah modern bro! Kini untuk menjadi semakin cerdas, kamu tidak perlu jadi kutu buku/ nerd lagi.
Biasanya para millenials sudah menyadari hal ini dan memanfaatkan waktu sarapan sambil membaca portal berita seperti det*k.com, lip*tan6, Kurio atau Babe. Tapi sayangnya, membaca berita hanya memberimu update yang tidak berdampak banyak pada kecerdasan dan intelijensimu. Yang kamu butuhkan adalah membaca intisari dari buku-buku non-fiksi terlaris dunia. Ya, non-fiksi! Bukan novel atau majalah, buku-buku non-fiksi ini bisa tentang ekonomi, self-development, teknologi, kesehatan & kebugaran, kemampuan komunikasi, enterpreneurship, dan hal-hal penting lainnya.

Ya, ya, ya. Aku tahu dahimu berkerut, ini bukan jenis bacaan yang nikmat. Tapi hey, bukankah ini kebiasan-kebiasaan yang hendak kita bangun untuk menjadi lebih cerdas? Dibandingkan mendaftar kuliah lagi, ini masih lebih muda bro! Oke, jadi di mana kita bisa menemukan ringkasan / intisari buku-buku ini? Saranku:
  • Google judul buku + ‘summary’, contohnya: “7 Habits of Highly Effectife People Summary” (Ya, aku tahu, buku keras ini bisa membuatmu mual)
  • Kalau kamu lebih bermodal, download dan langganan ke aplikasi Blinkist atau getAbstract. (Aku sendiri langganan Blinkist, karena sebagian summary-nya tersedia juga dalam format audio, jadi kalau nggak sempat baca, tinggal ‘play’)

15 Kebiasaan Cerdas

3. Dengarkan podcast/audiobooks saat kamu dalam perjalanan.

Setiap kita pasti menghabiskan cukup banyak waktu di perjalanan, baik itu yang mau kuliah, ngantor atau ke lokasi proyek, kita pasti membuang beberapa jam di perjalanan. Nah, dari pada terbuang sia-sia, mending kamu manfaatkan untuk mendengarkan podcast atau audiobooks yang berisi konten-konten bagus dan menstimulasi intelijensimu. Ayo pergunakan gadget-mu untuk hal yang positif, cari sumber-sumber podcast dan audiobooks di sini:
  • TED.com (ini favoritku, kalau dari app-nya kamu bisa pakai fitur pre-download, sehingga kamu bisa siapkan podcast yang mau kamu dengar sebelum berangkar, hemat paket datamu!)
  • Blinkist, tadi udah aku sebutin di atas, summary-nya juga tersedia dalam bentuk audio, jadi bisa tinggal ‘play’.
  • Podcast dari situs penulis-penulis kesukaanmu, dan
  • Kalau kamu punya budget, belilah audiobooks yang bermanfaat.

15 Kebiasaan Cerdas

4. Minum Green Tea saat kamu bekerja

Ehm! Bukan mau ngiklanin yah, aku nggak dapat endorsement apa-apa nih di sini, hehe. Tapi ini benar, karena teh hijau (khususnya Matcha –favorit kita nih!) mengandung l-theanine, sejenis asam amino yang berguna untuk meningkatkan gelombang alpha pada otak kita. Nah, dari pada mengkonsumsi kopi (kafein) yang membuat otak menjadi ‘awas’, lebih baik mengkonsumsi Matcha yang membuat otak kita bisa fokus namun tetap relax tanpa menyebabkan rasa ngantuk. Inilah sebabnya teh hijau sangat dianjurkan sebagai suplemen untuk membantu dalam proses relaksasi dan meningkatkan kesehatan jantung.

15 Kebiasaan Cerdas

5. Tidur siang!

Ini cukup kontroversial, tapi aku salah satu orang yang mendukung dan telah membuktikan manfaatnya. Tidak percaya? Coba aja cek kantornya Google atau Facebook, sarangnya anak-anak muda paling kreatif di dunia ini. Di sana tersedia banyak hammock (tempat tidur gantung) dan kasur air untuk tidur siang para karyawannya. Banyak orang telah membuktikan, dengan tidur siang singkat setelah jam makan siang bisa me-refresh pikiran kamu sehingga lebih produktif di jam-jam berikutnya.

Baca juga > Ternyata Tidur Siang Bisa Membuatmu Lebih Kreatif

15 Kebiasaan Cerdas

6. Kurangi frekuensi membuka sosial media

Otak kita terus beradaptasi pada informasi yang kita terima. Bila kamu menjejali otakmu dengan pekerjaan sekaligus sosial media secara bergantian, otak kamu akan bingung dan sulit untuk fokus secara maksimal. Bila memang kamu harus menunda sebentar untuk membuka sosial media, disiplin dirimu dengan memakai timer, jangan kebabalasan karena terus-terusan scrolling nggak jelas, cuma lihatin update status dan foto mantan yang nggak penting.

15 Kebiasaan Cerdas

7. Lebih baik bermain game dari pada menonton serial TV

Menonton TV adalah sebuah kegiatan yang pasif. Otakmu menerima informasi namun tidak memproses atau berinteraksi dengan informasi itu. Aku tidak perlu menyebutkan dampak negatif lain dari duduk terlalu lama ditemani cemilan-cemilan berkolesterol tinggi sambil menonton serial semacam... Uttaran? #dead
Kamu suka main game? Bagus! Tapi lakukan dengan wajar. Sebuah penelitian dari tahun 2014 meneyebutkan bahwa game sederhana seperti Super Mario memiliki dampak yang jelas pada fleksibilitas otak. Penelitian ini bahkan dimuat di majalah Forbes! Bermain game akan mendorong otakmu untuk aktif dan berinteraksi, ini kurang lebih seperti kegiatan nge-gym untuk otakmu.

15 Kebiasaan Cerdas

8. Lebih baik membaca sebuah cerita dari buku dari pada menontonnya (TV)

Nah, untuk mencegah artikel ini terlalu panjang, kita akan lanjutkan tips ini di:


EmoticonEmoticon