Senin, 18 April 2016

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok
Photograph by Yasu + Junko

Di era Millenial ini, cowok dituntut untuk lebih memperhatikan penampilannya. Bila dulu kita para pria hanya menemani (baca: jadi tukang bawa belanjaan) para gadis berbelanja, sekarang sudah lumrah untuk cowok-cowok punya waktu pribadi untuk meng-update isi lemarinya. Baca juga: Tips Memilih T-Shirt Terbaik versi Jurnal Cowok.



Meski demikian, ternyata masih banyak cowok-cowok yang bersikap cuek terhadap penampilan dan beralasan nggak punya duit buat dialokasikan ke pakaian. Nggak punya duit? Nggak laki banget tuh jawabannya!

Kali ini Jurnal Cowok akan kasih tips tentang pakaian apa aja nih yang wajib, kudu, must be, dimiliki oleh cowok selain kaos dan boxer! Nggak perlu banyak-banyak, biar nggak pasang alasan nggak ada duit! Minimal ada satu potong saja. Plus, kita kasih tips untuk belanja murahnya, supaya kamu masih punya cukup saldo untuk PDKT ke gebetanmu!


1. Jaket kulit

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok
Jaket kulit adalah satu satu senjata andalanmu, bukan hanya dipakai buat naik motor, tapi juga bisa menyulap kaos dekilmu jadi keren. 

Punya kaos distro  yang bagian belakangnya bolong karena kecelakaan waktu menyetrika atau luntur karena kelamaan direndam akibat malas nyuci? Jaket kulit bisa menyelamatkanmu!

Tips untuk beli murah: Cari yang second/bekas tapi berkualitas, istilah orang Medan: Monza! Bisa juga kamu cari di FJB berbagai forum favoritmu.


2. Sepasang setelan formal

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok

Jangan melengos dulu... 

Percayalah, ini salah satu investasi terbaikmu sebagai cowok. Kamu akan banyak terselamatkan oleh setelan formal ini. 

Bukan hanya untuk dipakai ke acara-acara pesta, setelan formal yang apik ini bisa mengangkat nilaimu di mata para kolega bahkan atasanmu, otomatis harga dirimu pun terdongkrak tinggi, presentasimu akan lebih cemerlang, calon prospekmu akan lebih mudah closing, promosi segera menantimu. 

Ajak si dia ke acara gala dinner, dia akan terkaget-kaget melihat kamu tampil lebih gentleman dalam setelan ala Bruce Wayne.

Tips untuk beli murah: Setelan terbaik adalah yang dijahitkan sesuai ukuran tubuhmu. Kamu bisa mencicilnya dengan mulai membeli bakal kainnya dulu. Pilihlah yang bertekstur tidak terlalu padat, favorit kami adalah yang bertekstur kilat, sehingga terlihat lebih mewah. Minta rekomendasi penjahit yang bagus dan relatif murah dari temanmu yang kamu lihat punya setelan bagus. Kalau kamu rajin cek-cek ke lapangan, ada beberapa penjahit tertentu yang menyediakan cicilan dengan fasilitas kartu kredit.


3. Kemeja putih formal

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok

Bukan perkara formal kayak anak baru magang,  tapi masak sih kamu pakai setelan dengan dalaman kaos

Selain itu, ada banyak situasi yang nantinya sangat memerlukan pakaian yang satu ini. 

Jadi biasanya mayoritas pria sudah pasti memiliki kemeja putih formal ini, bahkan mungkin lebih dari satu.

Tips untuk beli murah: Rajin-rajin cek Dept. Store seperti Matahari, SOGO, dll. Pada saat-saat tertentu mereka mengadakan bazaar cuci gudang. Di situ kamu bisa dapat kemeja formal dengan merk-merk mahal seperti Calvin Klein, Aramis bahkan Ralph Lauren dengan diskon dari 50% hingga 80%.


4. Dasi

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok
Jangan sepele dengan dasi bro. Banyak orang bilang kalau dasi itu bisa menggambarkan kepribadiaan pemakainya. Pilihlah dasi yang sesuai dengan kemeja atau setelan yang kamu pakai, cobalah bereksperimen di depan cermin sebelum memutuskan membeli.

Bila kamu sudah memiliki dasi, kamu juga harus tahu bagaimana cara memakai dasi dengan benar. Jangan cuma bisa beli lalu pakainya asal-asalan!

Tips untuk beli murah: sama seperti kemeja, dasi juga sering ada di clearance sale-nya Dept. Store.


5. Kemeja jeans

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok
Setelah berjibaku dengan pakaian formal, ada saatnya kamu untuk tampil beda. Memakai kemeja jeans membuat kamu tampil kasual namun tetap  rapi. 

Bila memakai kaos sebagai dalaman, kamu bisa membiarkan kancing kemeja jeans terbuka dan menggulung lengannya untuk kesan yang lebih sporty.

Tips untuk beli murah: sama seperti jaket kulit, kemeja jeans yang branded juga banyak dijual second diberbagai FJB. Jangan terjebak membeli yang abal-abal. Untuk apa murah bila kualitas juga murahan.


6. Celana jeans

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok
Kalau nggak punya, mending kamu pakai rok aja deh. Haha! 

Celana jeans ini icon-nya cowok. Dulu dipakai oleh cowboy dan pekerja-pekerja kasar karena daya tahannya yang luar biasa. Karena itulah celana jeans erat hubungannya laki-laki dan melambangkan maskulinitas.

Tips beli murah: sudah umum dan banyak brand yang murah namun berkualitas. 


7. Raglan

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok
Ini nih, alternatif pengganti kaos yang lebih kasual. Raglan bisa membuat pemakainya terlihat lebih berisi tanpa kesan baggy. Dengan material katun, raglan memberikan kenyamanan seperti memakai kaos biasa.

Tips untuk beli murah: raglan banyak dijual di distro maupun Dept. Store. Di saat-saat musim diskon, raglan sering ditawarkan dengan diskon untuk beli banyak lebih murah.

8. Kaos Polo

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok
Kaos Polo memberi kesan yang lebih kasual lagi dibanding raglan. Dengan memiliki kerah dan 2-3 kancing, kaos polo memberi kesan lebih berkelas dan semi formal untuk situasi-situasi tertentu. 

Sebaiknya kamu memilih warna yang gelap seperti hitam atau navy, karena memberi kesan lebih elegan dan tidak terlihat murah.

Tips untuk beli murah: sama seperti raglan, saat musim diskon, kaos polo juga sering ditawarkan dengan diskon beli banyak lebih murah atau beli 2 gratis 1.


9. Celana katun

9 Pakaian yang Harus Kamu Miliki Sebagai Cowok

Yang satu ini benar-benar penyelamatmu! Tidak semua orang suka mengenakan celana formal berbahan kain. Terkadang kesannya terlalu tua dan jadul. 


Kehadiran celana katun sebagai bawahan untuk kemeja formalmu akan menyelamatkan harimu. Selain teksturnya yang fleksibel, bahannya juga baik menyerap keringat. Bebas dari rasa risih.

Tips beli murah: meskipun celana katun tidak seperti jeans yang memiliki banyak pilihan brand dengan harga bersaing, tidak ada salahnya kamu sesekali mengecek ke Dept. Store saat sedang musim diskon.

That's all folks!
Itulah 9 pakaian wajib untuk dimiliki cowok, setidaknya satu untuk setiap jenisnya. Jangan hanya bisa belanjain cewek tapi nggak bisa belanjain diri sendiri! Rugi bray!

Baca juga:


EmoticonEmoticon