Sabtu, 27 Februari 2016

Grim Dawn - Reinkarnasi dari Titan Quest, sebuah ARPG pengobat rindu bagi Old-school gamer.




Kamu suka Action RPG klasik? Torchlight series, Sacred series, Diablo series, Baldur Gates series, Neverwinter Nights, Titan Quest dan banyak lagi?
Maka ini kabar baik buat kamu! Tim inti dari Iron Lore, developer legendaris yang telah melahirkan Titan Quest, membentuk sebuah developer indie bernama Crate Entertainment. Lewat perjuangan panjang di Kickstarter dan dukungan dari para fans setia genre ARPG, Crate melahirkan Grim Dawn!


Grim Dawn sudah ramai dimainkan dan diperbincangkan sejak masuk di Early Acces-nya Steam (Mei 2013). Aku sendiri membelinya di Steam saat game ini masih Early Acces, build 26 (release pada build 31).


Buat kamu yang penasaran, Grim Dawn mengambil thema fiksi sebuah dunia post-apocalypse berlatarkan era Victoria. Ya, betul, era demam emas, koboi dan wig ala George Washington dan Benjamin Franklin. World Map Grim Dawn adalah sebuah benua besar yang luluh lantah bernama Cairn. Dahulu kala, Cairn adalah bumi yang makmur di bawah pemerintahan kekasiaran ras manusia, hingga tiba sebuah masa di mana datang dua ras berbeda dari dunia/dimensi lain yang saling bertempur. Yang satu ingin mencari dan menguasai manusia untuk dijadikan sumber daya, yang satunya lagi berusaha mencegah hal itu terjadi dengan menghancurkan dan memunahkan ras manusia.

Ras manusia tercerai berai dan berkumpul ketakutan di kamp-kamp pengungsian tersembunyi, di ambang kepunahan. Berbanding terbalik dengan era Victoria saat emas menjadi primadona, pada masa Grim Dawn, besi adalah mata uang yang berlaku dan garam menjadi barang yang lebih berguna dari pada hanya sebagai bumbu dapur.

Kamu akan memainkan sebuah karakter yang tadinya dirasuki salah satu ras dari dimensi lain, oleh karena itu kamu memiliki kemampuan dan kekuatan yang terus berkembang. Nasib ras manusia ada ditanganmu, setiap keputusan yang kamu ambil akan mempengaruhi kelangsungan hidup suatu kelompok. Pada game ini ada banyak kelompok (faksi) yang akan kamu temui, kamu akan dipaksa untuk memilih apakah membantu mereka atau menjadi musuh mereka.

Overall, aku puas sekali dengan Grim Dawn, berbeda dengan Diablo dan Torchlight, Grim Dawn memberikan pengalaman Role Playing yang lebih hidup dan emosional, sistem character build-nya juga lebih menantang. Kamu akan menjadi bulan-bulanan para monster bila kamu hanya berpikir lurus dalam membentuk karaktermu. Game ini bukan untuk mereka yang hanya ingin asal pukul saja, kamu akan diajak untuk banyak berpikir juga.

Skor di Steam: 9,4
Skor dariku: 9,7

By the way, Grim Dawn sedang diskon 10% di Steam Store!
Udah nggak zaman main game bajakan, malu dong!
Langsung bungkus, gih... Grim Dawn hanya Rp. 150k @ Steam Store




Ini halaman paling jadul, bro!


EmoticonEmoticon